Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala BPKP Ungkap Tiga Sektor Rawan Korupsi di Daerah

Ini satu kelemahan, atau modus yang brangkali kita musti hati-hati dalam pengadaan barang jasa,

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kepala BPKP Ungkap Tiga Sektor Rawan Korupsi di Daerah
Imanuel Nicolas Manafe/Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Kiri), Kepala BPKP Mardiasmo (Tengah) dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto saat Jumpa Pers Terkait acara Semiloka Pencegahan Korupsi di Lingkungan Pemprov DKI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Mardiasmo mewanti-wanti agar pemerintah daerah berhati-hati terkait modus korupsi dalam pengadaan barang dan jasa di daerah. Sebabnya, pembahasan alokasi dana dalam pengadaan barang dan jasa di daerah teramat singkat.

"Ini satu kelemahan, atau modus yang brangkali kita musti hati-hati dalam pengadaan barang jasa, terutama di APBD. Dalam APBD, pengadaan barang dan jasa riskan sekali karena waktunya singkat," kata Mardiasmo di KPK, Jakarta, Jumat (28/2/2014) petang.

Mardiasmo sendiri diundang menghadiri koordinasi supervisi terkait hasil kajian bidang pencegahan KPK dalam pengalokasian anggaran pemerintah daerah terkait pengadaan barang dan jasa.

Mardiasmo juga menyebut, ada dua hal lain yang harus diawasi Pemda terkait potensi korupsi di sektor anggaran daerah. "Disamping itu ada dana hibah, dan bansos," ujarnya.

Karena itu itu, ujarnya, tiga hal itu yang akan dibicarakan BPKP bersama KPK, Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat, dan Wakil Gubernur Banten.

"Nanti kita paparkan kepada tiga gubernur yang datang ke sini, saya harap bisa hadir semua. Intinya kita mencoba pengcegahan ini lebih bagus," imbuhnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas