Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Ketua MPR: Jokowi-JK akan Jadi Pelayan Rakyat

Menurutnya, Jokowi-JK akan memberikan harapan baru bagi masyarakat Indonesia

Penulis: Muhammad Zulfikar
zoom-in Mantan Ketua MPR: Jokowi-JK akan Jadi Pelayan Rakyat
TRIBUN/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kiri) dalam kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/10/2014). Kunjungan kenegaraan tersebut merupakan kunjungan pertama bagi Jokowi setelah dilantik sebagai Presiden. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan, Sidarto Danusubroto mengatakan dirinya optimis terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Menurutnya, Jokowi-JK akan memberikan harapan baru bagi masyarakat Indonesia.

"Pemerintahan Jokowi-JK tidak akan terjebak mengabdi pada kekuasaan, melainkan menjadi pelayan rakyat. Karena bisa kita lihat rekam jejak keduanya," kata Sidarto di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Mantan Ketua MPR itu menuturkan, mengabdi pada kekauasaan adalah hal yang buruk, tetapi melayani rakyat tanpa kekuasaan jelas tumpul. Ia mencontohkan, seperti upaya Jokowi menyelesaikan masalah di Jakarta yang ternyata membutuhkan kekuasaan presiden.

"Sebagai contoh terkait kasus-kasus melibatkan lintas provinsi," tuturnya.

Masih kata Sidarto, melihat performa pemerintahan Jokowi-JK bersifat menjaga partisipasi rakyat atau tidak akan terlihat pada saat menentukan nama kabinet. Menurutnya, apabila kabinet yang dipilih merupakan orang bersih, profesional, dan cakap maka kabinet akan menjadi pelayan rakyat.

"Partisipasi rakyat akan terus terjaga kalau Jokowi-JK yang merupakan harapan baru Indonesia benar-benar menghadirkan ekspektasi masyarakat," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas