Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inovasi Robot Baru Sebatas Hobi Belum Jadi Industri

Belum ada ketertarikan dari kalangan industri untuk menyerap ide atau gagasan dalam inovasi robot.

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Inovasi Robot Baru Sebatas Hobi Belum Jadi Industri
Tribunnews/Angga Bhagya Nugraha
Robot hasil karya inovasi peserta USBI Science & Technology Competition 2015 dipajang dalam kompetisi robot di Jakarta Selatan, Kamis (26/6/2014). Kompetisi merakit robot yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI-Sampoerna University) ini bertujuan untuk mendukung kreativitas inovator muda dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pertumbuhan industri robot kian berkembang di kawasan Asia seperti di Jepang, Malaysia dan Singapura. Namun perkembangan industri bisnis ini belum berkembang dengan baik di indonesia.

Commercial Head Energizer Indonesia, Muhhamad Imaduddin, mengatakan belum ada ketertarikan dari kalangan industri untuk menyerap ide atau gagasan dalam inovasi robot.

"Belum ada ketertarikan untuk menyerap gagasan dalam industri robot, jadi para anak-anak ini membuat robot hanya sebatas hobi," katanya di Jakarta, Sabtu (8/11/2014).

Padahal menurutnya banyak karya peserta dari lomba robot yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pembuatan robot yang digunakan untuk menyapu paku yang bertebaran dijalan.

"Pada beberapa tahun lalu ada robot yang dapat digunakan untuk menyapu paku yang bertebaran di jalan, ini cukup aplikatif namun tidak diakomodasi dengan baik dengan industri," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas