Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenko Maritim Sumbang Satu Kapal Cari Pesawat AirAsia

Kapal tersebut berupa Baruna Jaya IV yang akan diluncurkan ke wilayah perairan Belitung Timur hari ini.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Kemenko Maritim Sumbang Satu Kapal Cari Pesawat AirAsia
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Walikota Surabaya Tri Rismaharini melayani dan melakukan pendataan keluarga penumpang pesawat Air Asia yang hilang kontak asal Surabaya di Crisis Center AirAsia di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Minggu (28/12/2014). Pesawat AirAsia dengan nomer penerbangan QZ 8501 berangkat dari Surabaya menuju Singapura pada pukul 05.20 WIB dengan membawa 155 penumpang hilang kontak berada di antara Tanjung Pandan (Pulau Belitung) dan Pontianak (Kalimantan Barat). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Maritim menyumbang satu kapal untuk membantu mencari pesawat AirAsia QZ 8501. Kapal tersebut berupa Baruna Jaya IV yang akan diluncurkan ke wilayah perairan Belitung Timur hari ini.

"Kami akan membawa kapal yang memiliki peralatan multi ecosounder untuk melakukan operasi visual," ujar Deputi Kementerian Koordinator Kemaritiman Ridwan Djamaluddin di kantor BPPT, Senin (29/12/2014).

Menurut Ridwan, kapal yang diluncurkan oleh Basarnas sebanyak tujuh unit belum dilengkapi teknologi canggih. Karena hal itu pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman menyiapkan satu unit kapal yang dipasang alat pencari sinyal elektronik untuk di dasar laut.




"Belum ada kapal yang membawa peralatan eco founder disana," kata Ridwan. Dengan Eco Founder, bisa dapat menangkap gambar dan sinyal di kedalaman laut hingga 2.500 meter.

Saat ini Kemenko Kemaritiman sedang koordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu mencari pesawat AirAsia yang hilang tersebut. "Tapi yang pasti, kami sudah siap apabila pemerintah membutuhkan kapal kami untuk pencarian," papar Ridwan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas