Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komisi V DPR RI: Budaya Keselamatan di Indonesia Rendah

Selain masalah teknis, masalah penerbangan di Indonesia juga diperparah dengan kesadaran keselamatan masyarakat yang rendah.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Komisi V DPR RI: Budaya Keselamatan di Indonesia Rendah
Tribunnews.com/Rahmat Patutie
Tanti Renhart Thamrin (40) bersama temannya sesama penyelam profesionall ikut membantu evakuasi jenazah dan serpihan pesawat AirAsia di bawah laut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Selain masalah teknis, masalah penerbangan di Indonesia juga diperparah dengan kesadaran keselamatan masyarakat yang rendah.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Yudi Widiana, mengatakan saking pentingnya kesadaran keselamatan tersebut, makanya diatur dalam Undang-Undang penerbangan.

"Di beberapa daerah kita melihat ada penumpang yang memaksa membuka pintu darurat karena marah," ujar Yudi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (10/1/2015).

Contoh lain adalah ketika seorang kepala daerah di provinsi Nusa Tengara Timur yang menutup bandara karena tidak berhasil membeli tiket penerbangan.

Yudi meminta agar kampanye keselamatan terus dilakukan dan ditingkatkan pemerintah.

"Ini kan hal-hal yang budaya keselamatan belum menyatu. Oleh karena itu kampanye keselamatan harus dilakukan dengan terus menerus," tukas Yudi.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas