Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lifting Bag dan Penyelam Diperbanyak untuk Angkat Badan Pesawat

Badan SAR Nasional (Basarnas) masih terus mematangkan persiapan pengangkatan badan utama (main body) pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Laut

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Lifting Bag dan Penyelam Diperbanyak untuk Angkat Badan Pesawat
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Petugas Basarnas memasukkan lifting bag atau balon udara ke helikopter 

TRIBUNNEWS.COM, Pangkalan Bun - Badan SAR Nasional (Basarnas) masih terus mematangkan persiapan pengangkatan badan utama (main body) pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Laut Jawa dekat Selat Karimata, Kalimantan Tengah. Di antaranya dengan menambah pasokan balon pengapung atau lifting bag atau floating balloon dan penyelam.

"Ini kita memasuki hari ke-24 masa pencarian. Kegiatan-kegiatan operasi SAR yang kami laksanakan adalah persiapan operasi pengangkatan badan pesawat," kata Direktur Operator Basarnas, Marsekal Pertama SB Supriyadi di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kalteng, Selasa (20/1/2015).

KN Bima yang mengangkut 12 buah lifting bag dari Batam sudah bersandar di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai. Rencananya, lifiting tersebut akan dipindahkan ke kapal KN Purworejo. "Masing-masing lifting bag mampu mengangkat seberat 2 ton. Jadi, mampu mengangkat 24 ton," imbuhnya.

Selain itu, saat ini sudah tiba tujuh penyelam dari Marinir di pelabuhan dan akan bergabung ke kapal untuk memperkuat tim penyelam dengan misi pengangkatan badan pesawat.

"Mudah-mudahan cuaca hari ini baik, semoga pelaksanaan bisa dilakukan dengan lancar," katanya.

(Abdul Qodir)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas