Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kontes Robot Indonesia Regional II Digelar di Universitas Budi Luhur

Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan suatu wacana yang sangat menarik bagi mahasiswa

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Kontes Robot Indonesia Regional II Digelar di Universitas Budi Luhur
ist
Persiapan Kontes Robot Indonesia di UBL 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan suatu wacana yang sangat menarik bagi mahasiswa untuk mengimplimentasikan gagasan dan ideide mereka menjadi suatu robot yang fungsional dengan memanfaatkan pengetahuan mereka yang multi disiplin.

Robot–robot tersebut harus dirancang dan dibuat sendiri, dengan menggunakan sensor-sensor, aktuator serta rangkaian elektronika dan mikrokomputer yang ada dan harus diprogramkan sesuai dengan tema kontes tahun ini.

Selain itu kerjasama yang baik antara anggota tim peserta dan gagasan strategi yang terbaik juga akan menjadi faktor pendukung suksesnya suatu tim dalam kontes ini, sehingga akan dapat menimbulkan suasana kompetisi yang kondusif dikalangan mahasiswa, dosen maupun perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam kontes tersebut

Hari Soetanto, S.Kom.,M.Sc, Deputi Rekto Bidang Kemahasiswaan Universitas Budi Luhur sebagai Ketua Panitia KRI Regional II mengatakan merupakan kebanggaan bagi universitas Budi Luhur Jakarta mendapatkan kepercayaan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai kampus penyelenggara Kontes Robot Indonesia Regional 2 tahun 2015 wilayah  Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta yang berlangsung pada tanggal 23-25 April 2015 .

"Pada penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia regional 2 diikuti oleh 21 perguruan tinggi pendukung,  terdiri dari Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) didukung oleh 11 team dari 11 perguruan tinggi, Kontes Robot Pemadam Api berkaki (KRPAI) 14 team dan Kontes robot pemadam Api beroda 23 team dari 23 perguruan tinggi. Kontes robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) 5 team dari 5 perguruan tinggi dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) 9 team dari 9 perguruan tinggi. Total 62 team pendukung yang mengikuti lomba dengan 154 mahasiswa berserta 62 dosen pembimbing," ungkap Hari Soetanto.

Hari Soetanto, S.Kom.,M.Sc, menjelaskan bahwa kontes Robot ini akan menampilkan hasil karya mahasiswa dalam mengimplementasikan algoritma pemrograman yang mumpuni agar robot dapat berfungsi dengan baik sesuai katagori yang diperlombakan.

"Semoga acara kontes robot indonesia regional 2  ini dapat menjadi ajang dan wadah (tempat) untuk berbagi wawasan dan pengetahuan dibidang komputer khususnya robotic, dalam Kontes Robot Regional 2 , tim Robotic Universitas Budi Luhur lolos selekti dari DIKTI , sebagai tuan rumah kami menurunkan tim Blue Deep dari Fakultas Teknologi Informasi katagori KRAI, dan 3 tim Elektro Squad dari Fakultas Teknik, katagori KRPAI Beroda, KRPAI Berkaki, KRSI," paparnya.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D menambahkan  bahwa Universitas Budi Luhur sebagai salah satu perguruan tinggi swasta, memiliki visi menjadi universitas unggul dengan standar mutu tertinggi, yang dilandasi kecerdasan dan keluhuran budi, ditopang teknologi informasi dan komunikasi.

"Kesempatan menjadi tuan rumah  Kontes Robot Indonesia ini akan menjadi salah satu perwujudan, bahwa Universitas Budi Luhur memiliki komitmen besar dan konsisten dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya,  dengan adanya kegiatan kontes robot ini, akan semakin berkembang kreativitas mahasiswa, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya serta menghasilkan produk yang berkualitas  dan inovatif , merupakan prestasi dari tim Robotic Universitas Budi Luhur sejak tahun 2004 -2014 selalu mendapatkan juara dalam ajang Kontes Robot Indonesia baik Regional maupun Nasional," urai Suryo Hapsoro Tri Utomo.

Sedangkan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Agus Subekti, M.Sc, Ph.D. mengatakan KRI-2015 akan dilaksanakan secara regional dan nasional, pemenang kontes regional akan dikirim mewakili wilayah/regional untuk bertanding dalam Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 11-14 Juni 2015.

KRI-2015 diharapkannya mampu menjadi wahana untuk unjuk prestasi dalam perancangan, implementasi dan strategi dari mahasiswa Indonesia, sekaligus sebagai tontonan dan hiburan yang menarik yang sarat dengan ide-ide pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Pemenang dari Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional 2015 akan berpeluang mewakili Indonesia dalam Kontes Robot Internasional. Dalam kesempatan ini Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, mendorong seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam KRI-2015 ini.

"Selamat berpartisipasi, semoga dengan KRI-2015 kemampuan mahasiswa dan dosen, serta kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dapat terus ditingkatkan," jelasnya.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengkoordinasi Kontes Robot Indonesia (KRI) sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika, yang dalam pelaksanaan nya Kontes Robot Indonesia (KRI) terdiri dari 5(lima) divisi, yaitu :
1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),
2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia(KRPAI) tipe beroda,
3. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia(KRPAI) tipe berkaki,
4. Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dan
5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI)

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas