Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkes Himbau Warga yang Mau ke Korea Waspadai MERS

Laporan yang menyebutkan setidaknya ada 30 kasus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV(+)) di Korea Selatan

Editor: Sugiyarto
zoom-in Menkes Himbau Warga yang Mau ke Korea Waspadai MERS
http://www.independent.co.uk
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Laporan yang menyebutkan setidaknya ada 30 kasus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV(+)) di Korea Selatan yang menyebabkan dua orang meninggal dunia patut diwaspadai.

Meski sampai saat ini belum ada pembatasan bepergian ke Korea Selatan dan juga ke Timur Tengah yang kasusnya lebih banyak, masyarakat Indonesia yang hendak pergi kesana tetap waspada.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan drg. Murti Utami, MPH meminta masyarakat Indonesia yang akan bepergian ke Korea Selatan dalam waktu dekat.

Adapun caranya adalah :

- Selalu rajin cuci tangan pakai sabun (CTPS), karena sudah terbukti kegiatan ini menurunkan penularan MERS CoV.

- MERS CoV lebih banyak terjadi pada mereka yang mempunyai sakit kronik sebelumnya seperti paru, jantung, hipertensi, Diabetes Melitus, maka sebelum berangkat ke Korea Selatan periksakan diri anda terlebih dahulu ke dokter di tanah air, cek keadaannya dan bawa obatnya.

- Selama di Korea Selatan batasi kontak dengan mereka yang ada gangguan pernapasan, seperti Influenza Like Illness, dan batasi kunjungan ke Klinik atau RS yang menangani MERS CoV disana.

BERITA TERKAIT

- Jika selama di Korea Selatan (dan 14 hari sesudah kembali ke Indonesia) ada keluhan batuk pilek panas dan keluhan pernapasan lain, maka segera menghubungi petugas kesehatan dan sampaikan riwayat kunjungan ke Korea Selatan kepada petugas kesehatan

- Selalu memantau perkembangan MERS CoV di Korea Selatan dari waktu ke waktu dan ikuti rekomendasi yang dikeluarkan‎. (Eko Sutriyanto)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas