Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tunjuk Sutiyoso, Jokowi Ko‎leksi Orang-orang Kuno

Menurut lembaga tersebut penunjukan Sutiyoso merupakan sebuah kemunduran.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Tunjuk Sutiyoso, Jokowi Ko‎leksi Orang-orang Kuno
Taufik Ismail/Tribunnews.com
Konferensi Pers Imparsial terkait pengajuan nama Sutiyoso sebagai Kepala BIN, di Tebet Utara 2C Nomor 25, Jakarta Selatan, Kamis (11/6/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Lembaga Swadaya Masyarakat Imparsial menyayangkan pengajuan nama Letnan Jenderal (letjen) Purnawirawan TNI Sutiyoso sebagai kepala BIN oleh presiden Joko Widodo untuk menggantikan Letjen Purn TNI Marciano Norman. ‎

Menurut lembaga tersebut penunjukan Sutiyoso merupakan sebuah kemunduran.

"Ini sebuah kemunduran, karena Sutiyoso merupakan Angkatan Akmil 1968 menggantikan Kepala BIN sekarang, Marciano Norman yang merupakan angkatan 1978, Jokowi sekarang mengoleksi orang kuno kuno ini, seharusnya kalau Norman 78 harus mencari yang angkatan 1980 atau lainnya," ujar direktur eksekutif Imparsial, Poengky Indiarti, di kantornya, Jalan Tebet Utara IIC nomor 25, Jakarta Selatan, Kamis, (11/6/2015)‎.

Menurut Poengky masih banyak nama nama lain yang lebih segar, baik yang berlatar belakang militer maupun sipil. ‎Nama-nama tersebut tidak terlibat politik praktis dan fokus pada permasalahan keamanan negara.

"Ada nama yang Latar belakangnya TNI, teman teman wartawan lebih tahu, dan ada dari akademisi yang concern pada masalah keamanan, Rizal Sukma," katanya.

Selain itu, menurut Poengky sebaiknya Jokowi menunjuk orang yang selama ini telah berkecimpung dalam dunia Intelijen‎. Selama ini regenerasi di BIN, kurang baik karena setiap pergantian tidak pernah berasal dari dalam organisasi.

"BIN ini lembaga yang sangat vital, lembaga yang harus dijaga kesehatan organisasinya, ‎harusnya ada orang dalam BIN yang dicalonkan, bukan dari luar lagi," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas