Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahkamah Kehormatan Akan Proses Pertemuan Pimpinan DPR dengan Donald Trump

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan memproses kehadiran pimpinan DPR Setya Novanto dan Fadli Zon

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mahkamah Kehormatan Akan Proses Pertemuan Pimpinan DPR dengan Donald Trump
Ferdinand Waskita/Tribunnews.com
Junimart Girsang 

TRIBBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan memproses kehadiran pimpinan DPR Setya Novanto dan Fadli Zon saat kampanye calon presiden Donald Trump.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengatakan MKD proaktif memproses kasus itu meskipun tanpa Laporan dari masyarakat dan anggota DPR.

"Ini masuk ke ranah publik. Bahkan sampai keluar negeri. MKD bisa memproses tanpa pengaduan untuk mengklarifikasi. Maka dilakukan rapat pimpinan lalu rapat pleno. Apakah hal ini bisa dilanjutkan atau tidak," kata Junimart di ruang MKD, Gedung DPR, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Junimart akan mempertanyakan apakah pertemuan dengan Donald Trump bagian dari kunjungan kerja atau tidak. Bila bukan termasuk agenda kunjungan kerja maka pihaknya akan melakukan verifikasi.

‎Bila dikatakan kunjungan tersebut hanya spontanitas, Politikus PDIP tersebut mengatakan akan melakukan klarifikasi. "Silakan spontan, ‎itu kalau selesai acara, tim juga selesai, tanggal 3-4 September selesai, ini anggaran bagaimana, nanti kita akan cek, dan kita coba koordinasi dengan bagian anggaran, ini temuan yang muncul dalam pemberitaan yang kami sikapi dengan cepat," ujarnya.

Junimart menuturkan pihaknya akan secepatnya menyelesaikan kasus tersebut. Pihaknya akan memutuskan apakah pelanggaran kode etik tersebut ringan, sedang atau berat. "Panel akan dibentuk jika ada indikasi pelanggaran berat," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas