Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Hormati Fraksi-fraksi Usulkan RUU MD3 Terkait Pimpinan DPR

Sejumlah fraksi mulai mewacanakan RUU MD3 terkait pergantian Pimpinan DPR

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PDIP Hormati Fraksi-fraksi Usulkan RUU MD3 Terkait Pimpinan DPR
ahmad basarah.com
Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah fraksi mulai mewacanakan RUU MD3 terkait pergantian Pimpinan DPR. Hal itu juga dipicu adanya pertemuan Pimpinan DPR Setya Novanto dan Fadli Zon dengan Calon Presiden AS Donald Trump.

PDI Perjuangan berkomentar mengenai wacana perumahan RUU MD3. Wasekjen PDIP Ahmad Basarah menyatakan pihaknya menghormati dan menghargai usulan-usulan fraksi-fraksi lain itu

"PDIP pada prinsipnya semua pendapat dari fraksi-fraksi lain yang telah menyatakan usulannya untuk dilakukan perubahan UUMD3," kata Wasekjen PDIP Ahmad Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Salah satunya, kata Basarah, untuk mengubah pasal yang mengatur tentang mekanisme pemilihan pimpinan DPR yang dikembalikan pada asas proporsional berdasarkan hasil pileg seperi hasil UU MD3 sebelumnya. Dimana Pimpinan DPR dipilih berdasarkan pemilihan umum secara proposional.

"Namun kami masih lihat perkembangan lapangan lebih lanjut karena yang jadi konsenterasi kami, pascamasuknya PAN menjadi pendukung pemrintah adalah inginkan pemrintahan Jokowi ini segera berjalan efektif,"ujarnya.

Menurut Anggota Komisi III DPR itu, dukungan politik dari PAN diharapkan membuat rencana kebijakan nasional akan menjadi lebih solid.

"Sehingga stabilitas politik akan didapatkan dan itu jadi prasyarat berjalannya pembangunan nasional," kata Basarah.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas