Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IPEKA BSD Kembangkan Metode Ecoliteracy Studies

Pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi langsung dengan alam akan meningkatkan semangat belajar dan prestasi siswa.

Penulis: Dewi Pratiwi
zoom-in IPEKA BSD Kembangkan Metode Ecoliteracy Studies
ist
Siswa IPEKA dengan metode pembelajaran Ecoliteracy Studies. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekolah Kristen IPEKA Plus BSD yang berlokasi di BSD City, Tangerang Selatan mengedepankan metode pembelajaran Ecoliteracy Studies ini.

IPEKA merupakan sekolah pertama di Jakarta yang memiliki konsep sekolah formal berwawasan lingkungan.

Dari beberapa hasil penelitian pendidikan, para ahli menyimpulkan bahwa proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi langsung dengan alam akan meningkatkan semangat belajar dan prestasi siswa.

Atas dasar hasil survei itulah, IPEKA Plus BSD didirikan. “Kami meyakini bahwa siswa akan belajar lebih optimal apabila diberikan pengalaman menggunakan pengetahuan secara langsung dalam bentuk proyek-proyek pembelajaran integratif yang berhubungan dengan pengetahuan tersebut,” ujar Petroes S. Soeryo, Direktur Utama Operasional IPEKA melalui siaran pers yang diterima Redaksi.

IES merupakan program pembelajaran menggunakan situs pembelajaran lingkungan alam di luar kelas. Melalui cara pembelajaran ini, para siswa dididik agar memiliki wawasan dan tanggung jawab yang tinggi terhadap alam sekaligus mempraktekkan segala pengetahuan yang dipelajari di kelas dalam bentuk proyek pembelajaran integratif antar disiplin ilmu di setiap situs pembelajaran yang disediakan yang antara lain adalah Weather and Climate site, Agriscience, Water Conservation site, Renewable Energy site, dan Recycle site.

Adapun konsep dasar dalam metode pembelajaran IES antara lain adalah “Hands On”, dimana siswa menerapkan apa yang dipelajari di kelas secara multi disiplin ilmu dengan mengerjakan proyek disitus pembelajaran tersebut.

Lalu, menerapkan “Integrated”, karena proyek pembelajaran disetiap situs melibatkan lintas disiplin ilmu. Dan, yang terakhir adalah “Menarik”, karena disediakan beragam situs pembelajaran yang menarik di luar kelas.

BERITA TERKAIT
Sumber: Super Skor
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas