Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setya Novanto Bakal Kooperatif dengan MKD

Ketua DPR Setya Novanto siap menerima keputusan Majelis Kehormatan Dewan yang menyelidiki dugaan pelanggaran kode etik saat bertemu Donald Trump.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Y Gustaman
zoom-in Setya Novanto Bakal Kooperatif dengan MKD
AP
Ketua DPR Setya Novanto dan Donald Trump. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jauh hari sebelum menginjakkan kakinya di Jakarta setelah mengikuti The 4th World Conference of Speakers Inter Parliamentary Union di New York, Amerika Serikat, Ketua DPR Setya Novanto sudah mengetahui dirinya dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan, menyusul pertemuannya dengan calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Setya menyerahkan sepenuhnya kepada MKD untuk menjalankan wewenangnya, melakukan penyelidikan ada tidaknya pelanggaran kode etik yang ia lakukan bersama pimpinan lain saat bertemu Donald Trump.

"Saya akan bersifat kooperatif sesuai Peraturan DPR RI No 2 Tahun 2015 tentang Tata Beracara Mahkamah Kehormatan DPR RI jika sekiranya saya diharapkan hadir dalam rangka memberikan keterangan tentang dugaan pelanggaran itu," kata Setya di DPR, Jakarta, Senin (14/9/2015).

Politikus Golkar itu memandang pertemuan dengan Donald Trump masih dalam batas kewajaran, bukan meraupakan sebuah pelanggaran kode etik. Tapi proses penyelidikan MKD terkait pertemuan itu tetap harus dihargai, begitu ujar Setya Novanto.

Apapun keputusan MKD, Setya akan menerima sepenuhnya. Sebagai bukti, kata Setya, bahwa sebagai Ketua DPR RI memang sudah selayaknya memosisikan dan mengapresiasi tugas dan kewenangan MKD.

"Saya juga berharap kepada seluruh Anggota DPR RI menghargai MKD dalam melaksanKan tugasnya," beber dia.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas