Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Heboh, Ditemukan Tikus Berhidung Mirip Babi di Sulawesi

Tikus ini ditemukan di dekat Malangga Selatan, Tolitoli, Propinsi Sulawesi Tengah.

Heboh, Ditemukan Tikus Berhidung Mirip Babi di Sulawesi
ABC/ Supplied: Museum Victoria
Tikus ini begitu unik sehingga sekarang dinyatakan sebagai spesies baru. 

TRIBUNNEWS.COM - Tim peneliti termasuk dari Australia berhasil menemukan spesies baru, tikus yang memiliki hidung seperti hidung babi hutan.

Tikus ini ditemukan di dekat Malangga Selatan, Tolitoli, Propinsi Sulawesi Tengah, pada daerah pegunungan sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut.

Tikus yang belum pernah dilihat sebelumnya oleh para peneliti, ditemukan di daerah pegunungan di Sulawesi oleh tim peneliti internasional termasuk dari Museum Victoria di Australia.

LIHAT VIDEO-NYA DI SINI:

Tikus yang memiliki hidung panjang, dan kuping lebar itu demikian uniknya, sehingga tidak saja dikategorikan sebagai spesies baru, namun juga genus baru. Genus setingkat lebih tinggi dari spesies dalam penggolongan binatang.

"Saya masih terkesan bahwa kita bisa masuk ke dalam hutan dan menemukan spesies binatang baru, yang berbeda dari spesies lain, dan belum pernah ditemukan oleh ilmuwan lain sebelumnya," kata peneliti Museum Victoria Dr Kevin Rowe.

Selain hidungnya yang mirip hidung babi hutan, tikus baru ini memiliki kaki yang lebih panjang, mulut yang kecil dan rambut di daerah kemaluan yang panjang.

"Menurut perkiraan kami, rambut itu membantu binatang untuk menemukan pasangan," kata Rowe sambil menambahkan para peneliti belum tahu persis fungsi rambut di kemaluan hewan tersebut.

Para peneliti mengatakan tikus ini adalah carnivora, yaitu hewan pemakan daging dengan cacing dan kepompong menjadi santapannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas