Tribun

KompasTV Raih Penghargaan Karya Jurnalistik TV Terbaik 2015

Reportase Kompas TV yang berjudul "Sarjana Instan" karya Mercylia Marlisa Tirayoh mendapat penghargaan sebagai karya jurnalistik TV terbaik 2015.

Editor: Gusti Sawabi
KompasTV Raih Penghargaan Karya Jurnalistik TV Terbaik 2015
kompastv

Tribunnews.com, Jakarta - Reportase Kompas TV yang berjudul "Sarjana Instan" karya Mercylia Marlisa Tirayoh mendapat penghargaan sebagai karya jurnalistik TV terbaik 2015.

Penghargaan itu diberikan dalam lomba jurnalistik Apresiasi Jurnalis Jakarta (AJJ) 2015 dalam acara Festival Media 2015 yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen di Kampus Atma Jaya, Jakarta, Minggu (15/11/2015).

Reportase "Sarjana Instan" mengungkap skandal ijazah ilegal yang melibatkan dosen dan perguruan tinggi. Karya ini membuka modus praktik calo pembuatan ijazah aspal atau asli tapi palsu.

Pemenang untuk kategori media cetak adalah karya jurnalistik dengan judul “Sekutu Bisnis Anak Hakim” karya Sukma Nugraha dari Tempo.

Karya ini mengungkap skandal bisnis anak-anak hakim agung dan pengacara. Juri menilai, berita ini mampu memberikan data dan bukti hubungan bisnis antara anak hakim agung dan pengacara dalam satu usaha patungan rumah sakit.

Sedangkan karya terbaik untuk kategori media online adalah reportase serial bersambung kerusuhan di Tolikara, Papua, berjudul “Kisah Kristen Tolikara Hibahkan Tanah Ulayat untuk Musala” karya Aghnia Adzkia dari CNNIndonesia.com.

Karya ini dianggap memberikan sisi lain dari kerusuhan Tolikara yang berbungkus isu SARA. Si jurnalis datang langsung ke tempat kejadian dan mewawancarai tokoh-tokoh terkait, sehingga cerita bisa dikemas apik.

Terakhir karya foto bercerita dimenangkan Rommy Pujianto dari Harian Media Indonesia dengan judul “Suami Istri di Pusaran Korupsi”.

Juri menilai sang fotografer jeli mengambil foto tersangka dan terdakwa korupsi yang diajuka ke pengadilan, lalu merangkumnya.

Dalam satu foto cerita dengan pesan yang sangat jelas, keterlibatan suami dan istri beberapa pejabat publik dalam perkara korupsi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas