Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tryfino Batal Golput

Sejak Rabu (9/12) pagi, aura pesta demokrasi di Depok, Jawa Barat, sudah terasa.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Sanusi
zoom-in Tryfino Batal Golput
Tribunnews.com/Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM,DEPOK - Sejak Rabu (9/12) pagi, aura pesta demokrasi di Depok, Jawa Barat, sudah terasa.

Warga Depok, menggunakan hak pilihnya, untuk menentukan siapa yang berhak menjadi pemimpin Kota Depok, untuk lima tahun ke depan dalam pesta demokrasi pada pelaksanaan pilkada serentak kali ini.

Tak terkecuali di Komplek Perumahan Grand Depok City, di cluster Alamanda. Warga RT 01, RT 02, RT 03,  RW 09, Kelurahan Kalimulya, Keamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat, sejak pagi sudah menggunakan hak suaranya, menyambangi tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah ditentukan sebelumnya.

Anggota TPS setempat, Utomo menjelaskan, warga yang memiliki hak suara ‎di TPS 20 ada 290 warga. Namun, ia mengakui, banyak warga yang tak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). "Yang tidak terdaftar, bisa mencoblos setelah jam 12 siang, Utomo menjelaskan.

Salah seorang warga, Tryfino Arifin saat ditemui, mengaku sempat 'galau' beberapa hari jelang pelaksanaan pemilihan calon wali kota dan calon wakil Wali Kota Depok. Namun, Tryfino kemudian mendapat keyakinan, sebagai warga negara yang baik, harus ikut menggunakan hak suaranya.

"Saya tidak jadi golput," ujarnya sambil menunjukkan jari yang sudah tercelup tinta, bukti sudah mencoblos.

"Aku memilih salah satu, memberi kesempatan untuk memimpin," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Ada dua pasang calon dalam pertarungan Pilkada Kota Depok kali ini. Nomor urut satu, pasangan Dimas-Babai yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, PAN, PKB, PKB dan Partai Nasdem. Kemudian, nomor urut 2, pasangan Idris-Pradi yang diusung PKS, Gerindra dan Partai Demokrat. "Alhamdulillah, pelaksanaannya berjalan aman dan lancar," ujar H Mansyur Ketua RW 09, Kelurahan Kalimulya.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengaku puas melihat persiapan pengamanan yang dilakukan oleh jajaran Polri.

Hal ini diutarakan Luhut saat berkunjung ke ruang crisis center di lantai 5 Mabes Polri untuk melakukan video conference dengan seluruh Kapolda se-Indonesia, Rabu pagi.

"Saya senang lihat persiapan di lapangan, baik sekali. ‎Saya bangga dengan persiapan ini. Selamat bekerja dan tetap komunikasi dengan baik," ujar Luhut .

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas