Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diragukan Banyak Pihak, Basaria: Apa karena Saya Polisi ?

Bagi Basaria, seharusnya hal itu ditanyakan kepada Panitia Seleksi (pansel) dan Komisi III yang telah memilihnya

Penulis: Abdul Qodir
zoom-in Diragukan Banyak Pihak, Basaria: Apa karena Saya Polisi ?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol. Basaria Panjaitan menjalani fit and proper test di Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (15/12/2015). Sebanyak sepuluh capim KPK akan menjalani fit and proper test oleh Komisi III DPR RI yang berlangsung dari Senin (14/12/2015) hingga Rabu (16/12/2015). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon terpilih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Irjen Pol Basaria Panjaitan menduga LSM yang meragukan kemampuan dan independensinya jika kelak menjadi pimpinan KPK lantaran latar belakangnya dari Polri.

Bagi Basaria, seharusnya hal itu ditanyakan kepada Panitia Seleksi (pansel) dan Komisi III yang telah memilihnya.

"Keraguannya kararena saya dari polisi?" ujar Basaria usai mengikuti Rapat Paripurna pengesahan calon pimpinan KPK periode 2015-2019, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (18/12/2015).

"Semestinya itu ditanya ke pansel ini. Mereka ragu nggak milih saya. Saya rasa mereka sudah memiliki track record (rekam jejak) banyak, latar belakang tentang bagaimana saya bekerja. Mereka sudah punya semuanya. Berdsarkan keyakinan itulah mereka memilih," ujarnya.

Irjen Basaria Panjaitan adalah salah seorang dari lima pimpinan KPK periode 2015-2019 terpilih dalam proses penyaringan Pansel KPK dan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dari Komisi III DPR.

Perempuan berpangkat jenderal bintang dua  itu merupakan pengajar pada Sekolah Staf dan Pimpinan pada Lemdikpol Polri.

Empat orang lainnya adalah Agus Rahardjo (Ketua terpilih KPK; mantan Ketua LKPP), Saut Situmorang (staf ahli Kepala BIN), Alexander Marwata (hakim adhoc Tipikor) dan Laode Muhammad Syarif (akademisi dari Unhas Makassar).

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas