Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satu Sel Bersama Pengacara, Budi Supriyanto Tidur Beralas Kasur Lipat

Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Budi Supriyanto menjalani malam pertama di Rutan Mapolres Metro Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2016) malam.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Satu Sel Bersama Pengacara, Budi Supriyanto Tidur Beralas Kasur Lipat
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Budi Supriyanto (rompi orange) berjalan keluar gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/3/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Budi Supriyanto menjalani malam pertama di Rutan Mapolres Metro Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2016) malam, pasca-dijemput paksa penyidik KPK dari RS Roemani Muhammadiyah, Semarang, Jawa Tengah.

Di tempat barunya sel rutan tersebut, Budi yang menjadi tersangka menerima suap terkait proyek pembangunan jalan Kementerian PUPR, tinggal satu sel dengan tersangka titipan KPK lainnya, yakni pengacara Awang Lazuardi Embat.

Awang merupakan tersangka kasus dugaan suap Kasubdit Perdata dan Kasasi Mahkamah Agung (MA) Andri Sutrianto Sutrisna.

"Tahanan titipan KPK yang ada di tempat kami ada tujuh orang. Pak Budi Supriyanto yang baru masuk satu kamar bersama dengan Awang Lazuardi, kasus MA," ujar sumber di Polres Jakpus, Rabu (16/3/2016).

Budi berbagi tempat dengan Awang di dalam kamar sel berukuran sekitar 4x6 meter persegi. Tak ada fasilitas istimewa yang diberikan kepada anggota DPR RI itu.

Di dalam sel tersebut, hanya ada kasur lipat, kipas angin dan toilet untuk MCK. Dinding selnya pun terbilang kusam lantaran fisik bangunan rutan tersebut sudah lama.

"Kalau fasilitas tidak ada yang beda, nggak ada keistimewaan, sesuai dengan tahanan pidana umum. Untuk tempat tidurnya, nggak ada kasur empuk seperti di rumah, cuma ada kasur lipat untuk dia. Lemari pakaian juga nggak ada. Untuk pakaiannya, yah digeletakkan saja di lantai," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Ia menceritakan, Budi baru memulai proses adaptasi dengan tempat barunya pada hari pertama penahanan, termasuk berkenalan dengan sejumlah tahanan lain yang berada di blok khusus tahanan titipan KPK.

"Dia baru masuk semalam. Insya Allah, dia bisa tidur kok," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sejumlah kegiatan yang bisa diikuti oleh para tahanan di Polres Jakpus, termasuk tahanan titipan dari KPK.

Di antaranya olahraga senam, badminton dan tenis meja pada setiap pagi hari. Para tahanan yang muslim juga mendapatkan ceramah atau tauziah pada setiap Rabu.

Sementara, keluarga atau pengacara bisa melakukan kunjungan atau membesuk tahanan tersebut pada Senin hingga Sabtu pada pukul 10.00 sampai 15.00 WIB.

"Karena tadi siang Pak Budi dijemput sama petugas KPK untuk pemeriksaan, hari ini tidak ada yang membesuk dia. Sepertinya juga tadi belum bisa ikut olahraga karena masih tertidur," jelasnya.

Di blok rutan khusus tahanan titipan KPK itu, Budi Supriyanto dan Awang Lazuardi Embat tinggal bersama lima tahanan kasus korupsi lainnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas