Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Formappi: Ide DPR Buat Perpustakaan Sudah Ketinggalan Zaman

Kalau ide tersebut 25 tahun lalu cukup relevan.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Wahid Nurdin

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "Ide DPR untuk membuat perpustakaan terbesar di Asia Tenggara itu baik tetapi tidak penting dan sudah ketinggalan."

Demikian kordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengkritik rencana DPR untuk membangun pembangunan perpustakaan terbesar di Asia Tenggara.

Karena kata Sebastian, kini eranya sudah berubah. Sekarang sudah masuk era digital jadi perpustakaan dalam bentuk fisik seperti itu dengan sekitar 600.000 koleksi buku yang akan disimpan di perpustakaan, itu sudah ketinggalan.

"Buku-buku itu semua bisa diformat digital sehingga bisa diakses secara Online," ujarnya.

Kalau ide tersebut 25 tahun lalu cukup relevan. "Namun jika baru sekarang akan ditertawakan karena sangat telat," kritiknya.

Menurutnya, DPR lebih baik berpikir bagaimana membangun parlemen modern dengan mengikuti perkembangan dimana sistem teknologi dan informasi menjadi andalan.

BERITA TERKAIT

"Bagaimana caranya semua informasi yang dibutuhkan publik dapat denganmudah diakses tanpa harus datang secara fisik ke senayan."

"Bagaimana caranya rapat-rapat DPR dapat disaksikan oleh siapa saja yang merasa penting mengikuti rapat tersebut tanpa harus datang ke Senayan."

Dan berbagai terobosan lainnya sesuai perkembangan saat ini. Hal itu yang penting, daripada ide membangun gedung perpustakaan terbesar itu.

"600.000 koleksi buku yang akan disimpan di perpustakaan ribu buku itu bisa diformat menjadi perpustakaan online kok," cetusnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas