Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gempa di Aceh

Menko PMK Pastikan Penanganan Pengungsi yang Efektif dan Distribusi Bantuan Merata

Menko PMK mengkoordinasikan penanganan tanggap darurat yang dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga teknis.

Menko PMK Pastikan Penanganan Pengungsi yang Efektif dan Distribusi Bantuan Merata
Ist/Tribunnews.com
Menko PMK Puan Maharani menjenguk korban gempa bumi Aceh di rumah sakit, Rabu (14/12/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, ACEH  - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memimpin rapat koordinasi tingkat menteri yang membahas mengenai penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie, Pidie jaya, dan Bireuen, Provinsi NAD, Rabu (14/12/2016) malam.

Tampak hadir pada rakor antara lain Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljana, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Willem Rampangilie dan perwakilan K/L lainnya.

Menko PMK mengkoordinasikan penanganan tanggap darurat yang dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga teknis, terutama untuk beberapa masalah penting terkait :

1. Pengungsian (pendataan para pengungsi, kebutuhan dan distribusi bantuan, tempat tinggal sementara)
2. Bantuan pengungsi dan masyarakat (pendataan jenis dan jumlah kebutuhan).
3. Penanganan kesehatan (pos dan tim pelayanan kesehatan);.
4. Pemulihan fungsi pendidikan (tempat penyelenggaraan fungsi sekolah).
5. Pemulihan infrastruktur dasar (air, listrik, tempat tinggal).
6. Pemulihan fasilitas umum (RS, sekolah, dan lainnya).

Menko PMK ingin memastikan efektifnya upaya penanganan para pengungsi termasuk meratanya distribusi bantuan di berbagai titik bencana di Aceh, terlebih dengan tindak lanjut penanganan kesehatan para pengungsi mulai dari trauma psikis hingga medis.

“Kami juga akan berusaha terus menjaga agar anak-anak tetap dapat bersekolah dan kegiatan belajar mengajar tidak berhenti meski harus berada di tenda-tenda darurat, apalagi saat masa semester-an begini,” ungkap Menko PMK.

“Saya juga minta agar segera dibangun sekolah darurat sejalan dengan perbaikan infrastruktur yang lain,” kata Menko PMK menambahkan.

Sebelum memimpin rakor tersebut, Menko PMK dan rombongan menuju RS Zainoel Abidin di Kota Banda Aceh untuk menjenguk para korban bencana gempa di Kab Pidie Jaya.

Kehadiran Menko PMK yang didampingi oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, Plt Gubernur NAD Soedarmo, Deputi Menko PMK Bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Yan Manggesa, dan Dirut RS Zainoel Abidin dr. Fachrul Jamal, disambut oleh Wakil Direktur RSUD Zainoel Abidin, dr. Isra Firmansyah.

Selain melihat perkembangan terkini perawatan medis terhadap para korban, Menko PMK juga menyerahkan sejumlah bantuan antara lain sarung, tas, buku bacaan, dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas