Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wapres Bantah Uang Baru Mirip Yuan Tiongkok

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan bahwa tudingan yang sempat menghebohkan dunia maya itu tidak betul.

Wapres Bantah Uang Baru Mirip Yuan Tiongkok
Tribun Kaltim/Muhammad Arfan
Seorang pegawai Bank Kaltim Cabang Tanjung Selor, Kalimantan Utara, memperlihatkan desain baru uang kertas rupiah keluaran Bank Indonesia pada Kamis (22/12/2016). TRIBUN KALTIM/MUHAMAMD ARFAN 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Tidak betul bila sejumlah uang rupiah baru yang dikeluarkan pemerintah, designya mirip dengan mata uang Yuan, Tiongkok. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan bahwa tudingan yang sempat menghebohkan dunia maya itu tidak betul.

"Kalau Yuan itu warnanya agak abu-abu saja, yang ini kan macam-macam, ada hijau ada kuning," ujar Jusuf Kalla kepada wartawan, di Kantor Wakil Presiden RI. Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

Untuk membedakan mata uang rupiah dengan mata uang lain, menurut Jusuf Kalla hal itu memang agak sulit untuk dilakukan. Pasalnya dari sekitar 200an negara yang ada di dunia ini, ukuran mata uangnya relatif sama. Konsepnya pun tidak jauh berbeda menurut Jusuf Kalla.

"Di dunia ini kan ada (sekitar) dua ratus negara, yang punya mata uang masing-masing. Sulitlah semua (dibedakan sepenuhnya)," ujar Jusuf Kalla.

Setiap negara punya kebijakan untuk memmasang foto pahlawan nasional pada lembaran uang kertas. Amerika Serikat (AS) dengan dollarnya juga melakukan hal yang sama, begitu pun dengan rupiah Indonesia, yakni memasang foto-foto pahlawan nasional.

"Jadi bergilir pahlawan-pahlawan itu, kemungkinan daerah yang belum ada, tunggulah lima tahun lagi, supaya cetak baru lagi masuk lagi. Agar ada pemmerataan lah karena begitu banyak pahlawan (di Indonesia),"terangnya.

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas