Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fadli Zon Cs Rencana Bikin Pansus Makar, Pengamat Bilang Sedikit-sedikit Pansus

Terlalu gampangnya mewacanakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) di DPR mendapat kritikan dari pengamat politik Ray Rangkuti.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Fadli Zon Cs Rencana Bikin Pansus Makar, Pengamat Bilang Sedikit-sedikit Pansus
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Pengamat Politik Lingkar Madani Ray Rangkuti. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  Terlalu gampangnya mewacanakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) di DPR mendapat kritikan dari pengamat politik Ray Rangkuti.

Selain rencana pembentukan Pansus makar,  menurut Ray Rangkuti, sebelumnya juga pernah melontarkan keinginan pembentukan pansus penggusuran dan  polemik penjualan rumah sakit Sumber Waras.  

"Kelihatan membuat pansus itu seperti layaknya membuat rapat-rapat biasa di DPR.  Kesannya,  apapun soalnya solusinya adalah pansus," ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Jumat (13/1/2017).

Baca: Fahri Hamzah Ingin Jadi Pengusul Pembentukan Pansus Makar

Baca: Polri Tak Masalah Jika DPR RI Bentuk Pansus Makar

Dikatakan membuat pansus dengan tidak melihat kadar masalah dan tingkat kerumitan politik dan teknis pembentukan pansus DPR menjadikan pansus seperti sesuatu yang tidak serius.  

Sejatinya, menurut Ray Rangkuti, ketika pansus dibentuk ada dua sinyal yang bisa ditangkap.  

Pertama,  ada masalah serius yang dilakukan oleh pemerintah yang dapat berakibat serius bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kedua ada kerumitan khusus dalam pengungkapan putusan politik tertentu yang dilakukan oleh pemerintah. 

BERITA TERKAIT

Masalahnya, imbuhnya, anggota DPR pengusul Pansus Makar tidak selalu menyebut pertimbangan dua faktor ini dalam setiap rencana pembentukan pansus.  

"Sehingga sulit mengukur apakah pansus-pansus yang dimaksud benar-benar untuk menjawab dua faktor yang disebutkan di atas atau hanya sekedar kelakar politik," ujar Ray Rangkuti.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan, kata Ray Rangkuti, dalam setiap rencana pembentukan pansus adalah melihat ritme kerja di DPR sendiri.  

Jika merujuk rendahnya kinerja anggota DPR dalam 2 tahun terakhir  padahal yang sudah terjadwalkan dan etos kerja mereka secara menyeluruh,  tentu sulit membayangkan bahwa sebagian anggota DPR harus bergelut lagi dengan berbagai macam pansus.  

"Bahwa anggota DPR yang sekarang bisa fokus pada kewajiban terjadwalkan mereka,  rasanya hal itu sudah merupakan prestasi yang menggembirakan.  Di wilayah inilah mestinya berkonsentrasi," jelasnya.

Menurutnya, jauh lebih baik jika pimpinan DPR memberi perhatian agar anggota DPR benar-benar dapat memaksimalkan kinerja mereka pada agenda-agenda yang sudah terjadwal.  

"Bukan sibuk mengumbar rencana pembentukan pansus. Jawaban yang terlihat hanya sekedar menyenang-nyenangkan tapi sebenarnya tak dibutuhkan," katanya. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas