Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemudik Perlu Waspada, Jalur Darat Diperkirakan Akan Lebih Padat Tahun Ini

"Di tahun 2017 diperkirakan meningkat menjadi 3,6 juta kendaraan mobil pribadi yang digunakan untuk mudik."

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pemudik Perlu Waspada, Jalur Darat Diperkirakan Akan Lebih Padat Tahun Ini
TR
Untuk membantu pemudik, Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan mobil pembawa rambu multi pesan atau variable message sign (VMS). Armada ini ditampilkan di acara apel kesiapan angkutan mudik Lebaran di Silang Monas hari ini, Kamis (8/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Musim mudik tahun ini pemudik yang menggunakan jalur darat diperkirakan meningkat.

Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan peningkatan tersebut diprediksi sebanyak 12 persen.

"Ada peningkatan mudik lebaran 12 persen," kata Pudji Hartanto saat ditemui di Lapangan Silang Monas saat persiapan angkutan Lebaran, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2017).

Peningkatan pengguna transportasi darat tersebut diikui peningkatan pemudik yang menggunakan mobil pribadi yang diprediksikan meningkat dari tahun lalu sebanyak 3,48 juta tahun ini menjadi 3,6 juta.

"Di tahun 2017 diperkirakan  meningkat menjadi 3,6 juta kendaraan mobil pribadi yang digunakan untuk mudik," papar Pudji.

Selain itu,  tahun ini pemudik yang mengunakan kendaraan motor juga dikatakan Pudji Hartanto akan meningkat 18 persen dari 5,14 juta kendaraan pada 2016, menjadi 6,07 juta kendaraan pada tahun ini.

BERITA TERKAIT

Sedangkan untuk pemudik yang menggunakan motor sesuai dengan data pada tahun-tahun sebelumnya biasanya menurun 2 - 3 persen pertahunnya.

"Pengguna angkutan umum dalam hal ini bus hampir setiap tahun antara 2-3 persen menurun karena ekonomi pertumbuhan masyarakat tinggi, dan transportasi udara dan kereta api lebih baik sehingga beralih ke udara dan kereta," tandas Pudji.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas