Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rombongan Obama Ketagihan Makan Letek Bantul

Setelah makan, iring-iringan rombongan keluar dari restoran menuju Hotel Tentrem melewati Jalan Imogiri.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Rombongan Obama Ketagihan Makan Letek Bantul
STR / AFP
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Setelah mengunjungi Puncak Becici, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga mengunjungi Restoran Bumi Langit di Imogiri, Bantul, Yogyakarta, untuk bersantap siang, Kamis (29/6/2017).

Dari Pantauan Kompas.com, rombongan tiba sekitar pukul 11.20 WIB. Warga dan wartawan hanya diperbolehkan memantau dari luar dengan jarak 50 meter.

Setelah makan, iring-iringan rombongan keluar dari restoran menuju Hotel Tentrem melewati Jalan Imogiri.

Pemilik restoran, Iskandar Woworuntu mengaku baru diberitahu pihak Obama tadi pagi. Tanpa persiapan, pihaknya menyajikan makanan yang memang biasa disajikan restoran yang mengusung konsep alam tersebut.

Baca: Pengunjung Becici Teriak: Halo Obama, Sate, Bakso

Makanan yang disajikan yakni urap Bali, sop ikan guramih, mie letek goreng, dan sambal terong, serta makanan lainnya.

Sedangkan minuman yang disajikan berupa minuman fermentasi, campuran mint dan serai serta susu yang difermentasi dan dicampur buah murbai yang ditanam Restoran Bumi Langit.

BERITA REKOMENDASI

"Kelihatannya paling banyak yang bolak-balik didatengi mie letek, mienya orang Bantul. Kita belinya dari Srandakan. Kalau orang tau mienya digiling pakai sapi, itukan mengagumkan untuk orang seperti mereka," ucapnya.

Mie letek, sambung Iskandar, terbuat dari tepung tapioka dan gaplek yang diolah secara tradisional dan digiling menggunakan sapi. Mie dibuat tanpa pewarna makanan dan bahan kimia lainnya.

Karenanya, warna mie yang mirip soun ini agak kusam. "Total makanan yang harus dibayar rombongan Obama yang berjumlah 12 orang sekitar Rp 4 juta. Komentar dia seneng sekali," pungkasnya.

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono
Berita ini tayang di Kompas.com dengan judul; Rombongan Obama Bolak-balik Nikmati Mie Letek

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas