Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

410 Personel TNI-Polri Diterjunkan Amankan Kepulangan Obama

Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama bersiap bertolak ke Korea Selatan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/7/2017).

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 410 Personel TNI-Polri Diterjunkan Amankan Kepulangan Obama
Tribunnews.com/Wahyu Aji
Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo. TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama bersiap bertolak ke Korea Selatan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/7/2017).

Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan, sebanyak 410 personel gabungan TNI-Polri pun diterjunkan untuk pengamanan mantan orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu.

"Selama Obama di Jakarta ini kita ada dua irisan operasi. Pertama operasi Ramadniya dan Kodam Jaya dari TNI ada Operasi Waskita. Ramadniya tentu khususnya memang selama Ramadan ini dan sekaligus dari Waskita ada khusus untuk Obama ada tiga hari di Jakarta ini sektor TNI Polri," kata Andry kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Menurutnya, upaya pengamanan dan pengecekan sejumlah titik daerah yang dianggap rawan sudah dilakukan sejak malam hari.

Pesawat pribadi milik Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama sudah bersiap membawa pemiliknya berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menuju Korea Selatan, Minggu (2/7/2017). TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI
Pesawat pribadi milik Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama sudah bersiap membawa pemiliknya berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menuju Korea Selatan, Minggu (2/7/2017). TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI (Tribunnews.com/Wahyu Aji)

Ada 250 personel yang dikerahkan dari Koramil, Polsek Jatinegara, Polsek Makasar, dan Polsek Kramatjati dengan dibantu Satuan Rajawali dari Polres Jakarta Timur.

"Kita terus konsolidasi di beberapa titik," katanya.

BERITA TERKAIT

Dia menjelaskan, tidak ada penutupan jalan permanen di hari kepulangan Obama ini. Pengaturan lalu lintas keseluruhannya bersifat sementara mengikut waktu dan kondisi yang situasional.

"Juga soal waspada antisipasi ancaman teroris ya tidak hanya untuk Obama dan masyarakat tapi juga untuk personel yang berjaga juga," kata Andry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas