Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BNPB Lakukan Edukasi Bencana Melalui Aplikasi Smarthophe

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan aplikasi berbasis smartphone yang berisi film-film dan media penanggulangan bencana.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in BNPB Lakukan Edukasi Bencana Melalui Aplikasi Smarthophe
Tribunnews/JEPRIMA
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat menggelar konferensi pers terkait bencana alam Gempa Bumi Aceh di Gedung BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (7/12/2016). Data sementara yang berhasil dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Kabupaten Pidie Jaya terdapat 72 unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, beberapa ruas jalan rusak, 15 unit rumah rusak berat, 5 unit masjid roboh, 1 unit gedung STAI AL-Azziziyah roboh, dan 1 unit bangunan took roboh. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan aplikasi berbasis smartphone yang berisi film-film dan media penanggulangan bencana.

Melalui aplikasi yang diberi nama BNPB TV tersebut diharapkan dapat membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap bencana.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan budaya sadar dan tanggap bencana di Indonesia masih terbilang rendah sehingga kerapkali memakan korban yang cukup besar.

"Pengetahuan bencana meningkat pasca tsunami Aceh tahun 2004, tetapi pengetahuan ini belum menjadi sikap dan perilaku sehari-hari," katanya, Rabu, (7/5/2017).

Oleh karenanya melalui aplikasi BNPB TV yang berisi berita dan informasi edukatif bencana, dan media sosialisasi program BNPB, dapat meningkat sikap tanggap bencana, serta menekankan semangat masyarakat dalam pengurangan risiko bencana‎.

"Menyelamatkan jiwa manusia digemakan kepada masyarakat luas sehingga dapat menjadi pengarusutamaan dalam penanggulangan bencana," katanya.

BERITA TERKAIT

Sutopo mengatakan, BNPB TV yang telah dikonsep sejak tahun 2013 tersebut merupakan media publikasi pemerintah dalam mendukung upaya perlindungan atau penyelamatan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

Berbagai kebijakan dan kinerja pemerintah, khususnya penanggulangan bencana dipublikasikan seluas-luasnya untuk diketahui dan didukung oleh berbagai pihak.

"Selain itu, BNPB TV hadir di tengah masyarakat untuk menyampaikan good news is good news dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Serta mengedukasi masyarakat agar meningkat budaya sadar bencana dari pengetahuan menjadi sikap dan diharapkan menjadi budaya di masyarakat," katanya.

Sutopo yakin BNPB TV dapat menjadi media sosialisasi mengenai bencana yang efektif. Apalagi Perkembangan teknologi internet di Indonesia terus menerus bertumbuh dan semakin masif.‎

"Pengguna smartphone Indonesia juga bertumbuh dengan pesat. Pada tahun 2016 sebanyak 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet," pungkasnya.

Masyakat dapat mengakses BNPB TV dengan download dari Google Play untuk pengguna android di https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.bnpbindonesia.app&hl=in.

Akan menyusul di bulan Agustus mendatang untuk pengguna IPhone di Apple Store.

Atau‎ melalui website www.bnpbindonesia.tv.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas