Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Retno: ASEAN Telah Buktikan Sebagai Motor Perdamaian dan Stabilitas Kawasan

ASEAN juga telah berhasil menghindari megaphone diplomacy dan mengedepankan diplomasi dan dialog.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Menlu Retno: ASEAN Telah Buktikan Sebagai Motor Perdamaian dan Stabilitas Kawasan
KOMPAS IMAGES
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat memberikan pernyataan persnya pada sesi Pleno ASEAN Foreign Minister’s Meeting di Manila, Filipina, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi negara-negara ASEAN yang telah membuktikan diri sebagai motor perdamaian dan stabilitas kawasan.

“Di tengah keraguan terhadap multilateralisme dan regionalisme, ASEAN telah membuktikan diri sebagai motor perdamaian dan stabilitas kawasan,” ujar Retno berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri, Minggu (6/8/2017).

Retno menekankan bahwa selama 50 tahun terakhir, ASEAN telah berhasil menciptakan ekosistem perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan.




Keberhasilan ASEAN tersebut telah mencegah terjadinya konflik terbuka, memicu pembangunan ekonomi dan kesejahteraan kawasan yang menjadikan ASEAN sebagai mesin pertumbuhan kawasan dan dunia.

“Keberhasilan ASEAN dapat dilihat dari kawasan kita yang damai dan stabil dengan pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata dunia,” tutur Retno.

Retno juga menyampaikan bahwa keberhasilan ASEAN tersebut terjadi karena beberapa kekuatan ASEAN seperti dapat membangun institusi yang menekankan pada perdamaian dan stabilitas.

ASEAN juga telah berhasil menghindari megaphone diplomacy dan mengedepankan diplomasi dan dialog.

BERITA TERKAIT

Selain itu, ASEAN telah berhasil membangun suatu rule-based association. Semua ini merupakan bagian dari ASEAN way yang berhasil membuat ASEAN untuk berinteraksi dengan baik diantara anggota dan juga negara-negara di luar kawasan.

“ASEAN telah menjadi aktor kawasan dan global yang dihormati melalui ASEAN-led mechanism untuk membangun dialog dengan negara di kawasan dan di luar kawasan,” kata Retno.

Untuk terus dapat menjaga keberhasilan yang telah dicapai, Retno menegaskan ASEAN juga harus berhasil dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini maupun tantangan baru.

Salah satu tantangan tersebut terkait dengan adanya revalitas geopolitik, seperti di Laut China Selatan.

Dalam hal ini ditekankan bahwa ASEAN harus terus dapat mengelola situasi dengan menghormati prinsip-prinsip dasar dan hukum internasional serta menjaga hubungan yang baik dengan semua pihak.

Selain itu, ASEAN juga harus dapat mengatasi berbagai tantangan yang datang dari ancaman kejahatan transnasional dan terorisme. 

Dalam hal ini Retno menekankan pentingnya untuk ASEAN meningkatkan kerja sama, baik di tingkat regional maupun sub-regional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas