Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendikbud: Sudah Ketetapan Allah Indonesia Menjadi Bangsa yang Beraneka Suku dan Bahasa

"‎Bagaimanapun, sudah menjadi hukum Allah bahwa Indonesia jadi bangsa yang beraneka ragam. Negara Bhinneka Tunggal Ika," kata Muhadjir

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Mendikbud: Sudah Ketetapan Allah Indonesia Menjadi Bangsa yang Beraneka Suku dan Bahasa
Tribunnews.com/M Zulfikar
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, kita perlu bersyukur karena Indonesia diciptakan dengan berbagai macam suku, bahasa dan adat istiadat.

Namun, keragaman tersebut menurut Muhadjir hendaknya terus dijaga dan dilestarikan demi keberlangsungan Negara‎ Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca: Djarot Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

"‎Bagaimanapun, sudah menjadi hukum (ketetapan) Allah bahwa Indonesia jadi bangsa yang beraneka ragam. Negara Bhinneka Tunggal Ika," kata Muhadjir di kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

‎Muhadjir menuturkan, apabila masyarakat Indonesia mampu memelihara Bhinneka Tunggal Ika maka praktek-praktek yang berupaya mengganggu ketentraman Indonesia tidak akan tumbuh.

"Kalau kita bisa memelihara Bhinneka Tunggal Ika, maka praktek intoleran, praktek memaksakan kehendak akan hilang dengan sendirinya," tegasnya.

BERITA TERKAIT

Namun sebaliknya, kata Muhadjir, jika Bhinneka Tunggal Ika tidak dirawat maka problema sosial masih akan terus bermunculan di negara kita.

"‎Maka dari itu penting bagi kita untuk saling menjaga hubungan dengan masyarakat lain. Saling tukar pendapat, tukar pengalaman," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas