Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Bendara Tercetak Terbalik, Ketua Komisi I DPR: Ini Kesalahan Serius

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis protes keras dengan panitia penyelenggaraan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Soal Bendara Tercetak Terbalik, Ketua Komisi I DPR: Ini Kesalahan Serius
dok. DPR RI
Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis protes keras dengan panitia penyelenggaraan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dirinya menyesalkan, gambar bendera Indonesia yang tercetak di buku panduan SEA Games terbalik, putih di atas, merah di bawah.




Cetakan yang salah tersebut berada dalam halaman 80.

Buku panduan itu dibagikan kepada pengunjung dan pejabat yang hadir pada pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca: Jokowi Sesalkan Bendera Indonesia Tercetak Terbalik

"Ini kesalahan serius yang harus diikuti dengan permintaan maaf dari penanggung jawab SEA Games dan penarikan semua buku, souvenir atau apapun dan diganti dengan yang benar," kata Kharis saat dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

BERITA TERKAIT

Politikus PKS ini juga menyesalkan dengan panitia perwakilan Indonesia yang tak mengecek terlebih dahulu buku panduan itu.

"Saya juga sangat menyesalkan pada petugas atau panitia dari Indonesia yang bertanggung jawab pada masalah ini. Harusnya dilakukan pengecekan yang teliti," katanya.

Baca: Soal Warna Bendera Terbalik, Jokowi: Kita Tunggu Permintaan Maaf Pemerintah Malaysia Secara Resmi

Panitia pelaksana SEA Games Kuala Lumpur 2017 mengeluarkan surat pernyataan resmi sekaligus permohonan maaf atas insiden kesalahan cetak bendera Indonesia.

Pada pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/8/2017), sejumlah pengunjung, khususnya dari Indonesia, yang mendapatkan buku panduan, terkejut.
Bendera Merah Putih dicetak terbalik.

Baca: Bendera Indonesia Dicetak Terbalik, Komisi X DPR: Malaysia Sering Bikin Masalah

Hal ini membuat Menpora Imam Nahrawi, mencuit kekecewaan di sosial media terkait kesalahan pemasangan gambar bendera.

"Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah..."

Pemerintah Indonesia akan mengajukan protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) sehubungan dengan bentuk bendera Indonesia yang terpampang di buku panduan SEA Games XXIX.

Pada Majalah yang dimasukkan dakam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXiX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah.

"Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX," ujar Imam Nahrawi usai menyaksikan Pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017) malam.

Lebih lanjut, Imam mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas