Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bagi PAN, Berapapun Dana Parpol dari Pemerintah Akan Diapresiasi

Kelompok monopolis dan oligopolis parpol ini atas nama demokrasi akan menjadikan parpol sebagai kuda tunggangan

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bagi PAN, Berapapun Dana Parpol dari Pemerintah Akan Diapresiasi
dok. DPR RI
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Partai Amanat Nasional (PAN) mengapresiasi kebijakan pemerintah menaikkan bantuan subsidi kepada partai politik yang tentunya disesuaikan dengan kekuatan keuangan pemerintah.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi, alasan pemerintah menaikkan bantuan subsidi kepada pemerintah adalah, agar partai politik mandiri secara finansial.

Kemandirian ini penting agar parpol tidak disandera atau dikendalikan oleh pribadi dan atau kelompok tertentu yang memiliki kemampuan finansial dan logistik untuk kepentingan di luar fungsi dan peran partai politik.

Kelompok monopolis dan oligopolis parpol ini atas nama demokrasi akan menjadikan parpol sebagai kuda tunggangan atau sebagai sapi perah untuk melancarkan agenda kepentingannya, baik ekonomi, politik, sosial, budaya, dan lainnya.

"Itulah bahayanya jika parpol tidak mandiri. Perjuangan demokrasi akan dirusak oleh kekuasaan finansial dan logistik," ujar  Viva Yoga kepada Tribunnews.com, Senin (28/8/2017).

Selain itu tujuannya, imbuhnya, agar parpol dapat optimal memfungsikan dirinya sebagai sabagai salah satu pilar demokrasi melalui penguatan ideologisasi, pengaderan, dan organisasi. Hal itu dapat berjalan jika parpol mandiri.

Penambahan bantuan subsidi pemerintah kepada parpol digunakan untuk program pendidikan politik kader, tidak boleh untuk program lain.

BERITA TERKAIT

Saat ini total bantuan subsidi kepada seluruh parpol yang lolos parliamentary threshold sebesar 0,32 persen dari total APBN setiap tahun.

Bagi PAN, lebih lanjut kata dia, berapapun jumlah nominal bantuan subsidi pemerintah kepada parpol, akan diapresiasi.

Karena jangan sampai memberatkan beban APBN dan sesuai dengan kemampuan pemerintah karena ide menambah bantuan subsidi kepada pemerintah adalah gagasan dari pemerintah sendiri.

Bagi PAN, tanpa atau dengan penambahan bantuan subsidi pemerintah, tentu ada komitmen dari seluruh parpol, bersama-sama dengan aparat penegak hukum untuk memberantas korupsi.

"Komitmen untuk mewujudkan clean goverment dan good governance adalah cita-cita seluruh partai politik, bukan hanya PAN," tegasnya.

Pemerintah memastikan bantuan dana partai politik bakal naik hampir 10 kali lipat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018. Berdasarkan Surat Menteri Keuangan kepada Menteri Dalam Negeri Nomor 277/MK02/2017, bantuan dana yang akan diberikan kepada partai politik menjadi Rp 1.000 per suara.

“Besaran bantuan kepada parpol akan terus kami evaluasi setiap tahun," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Workshop Nasional di Hotel Sultan, Minggu, 27 Agustus 2017.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas