Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bila Jadi Panglima TNI, DPR Minta Marsekal Hadi Fokus Soal Ini

Namun dirinya yakin Presiden sudah mengkaji secara mendalam calon Panglima TNI yang ditunjuknya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bila Jadi Panglima TNI, DPR Minta Marsekal Hadi Fokus Soal Ini
NET
Meutya Hafid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, berharap calon jika sudah resmi terpilih, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, supaya fokus ikut dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Yang paling utama adalah waktunya singkat menuju perhelatan Pilkada dan Pemilu. Dua-duanya ini kita harus pastikan Panglima TNI siap," kata Meutya kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2017).

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, kekhawatiran bahkan sempat muncul dari publik bila Panglima TNI dijabat oleh jenderal bintang empat yang berasal dari matra Angkatan Udara.

Menurutnya, Komisi I DPR, akan bertanya sejumlah masalah ini saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Ini saya rasa akan menjadi fokus, tapi kami yakin presiden sudah memikirkan dengan baik. Tapi tetap harus konfirmasi dalam fit and proper test terhadap dua ajang demokrasi tersebut," katanya.

Baca: Calon Tunggal Panglima TNI Baru Sekali Lapor Harta Kekayaan

Lebih lanjut Meutya mengatakan uji kelayakan dan kepatutan akan segera dilakukan Komisi I DPR RI sebelum memasuki masa reses pada pertengahan Desember ini atau menargetkan selesai sebelum tutup tahun 2017.

BERITA TERKAIT

"Dua minggu itu cukup karena nanti ada kelengkapan persyaratan, kemudian kita melihat track record, laporan kekayaan segala macam laporan terkait calon Panglima TNI ini," ujarnya.

Namun dirinya yakin Presiden sudah mengkaji secara mendalam calon Panglima TNI yang ditunjuknya.

"Karena calonnya tunggal, saya meyakini Presiden sudah mengkaji dan presiden sudah sangat yakin bahwa pak KASAU ini mampu menghadapi situadi politik yang punya potensi untuk memanas," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas