Tribun

Usai Curi Kotak Amal Masjid, RA Langsung Tewas Diduga Kena Serangan Jantung

Penjaga masjid itu kemudian keluar dan melihat tersangka PA keluar dari luar toilet dan berlari meninggalkan tempat tersebut.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Usai Curi Kotak Amal Masjid, RA Langsung Tewas Diduga Kena Serangan Jantung
Dok. Polsek Parindu
Jenazah tersangka RA saat dibawa ke kediamannya (19/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, SANGGAU - Seorang pria berinisial RA diketahui tewas usai mencuri kotak amal di Masjid Amalu Solihin yang terletak di Dusun Wonosari, Desa Sukamulya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (18/1/2018) malam.

Kepala Polsek Parindu, Iptu Haryanto menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, RA bersama seorang rekannya berinisial PA diketahui mencuri kotak amal masjid pada Kamis malam.

Hal tersebut berdasarkan pengakuan penjaga masjid yang juga saksi mata yang mendengar ada suara mencurigakan di samping masjid sekitar pukul 23.00 WIB.

Penjaga masjid itu kemudian keluar dan melihat tersangka PA keluar dari luar toilet dan berlari meninggalkan tempat tersebut.

"Kamis malam usai kejadian, petugas piket penjagaan Polsek Parindu mendapatkan informasi melalui telepon bahwa di Masjid Amalu Solihin telah terjadi pencuian. Menindaklanjuti informasi tersebut, anggota piket yang jaga langsung mendatangi TKP," ujar Haryanto, Jumat (19/1/2018) sore.

Baca: Pencuri Kotak Amal di Masjid Baiturrahman Depok Dibawa ke RS Polri Kramat Jati karena Idap TBC

Saat tiba di TKP, ujar Haryanto, polisi mendapati barang bukti berupa kotak amal berada di dalam toilet atau sudah berpindah dari tempat semula. Sedangkan untuk tersangka PA, saat itu sudah diamankan warga.

"Sedangkan tersangka RA sudah berada di rumah dalam keadaan meninggal dunia," ungkapnya.

Sementara itu, saksi lainnya berinisial SL mengatakan bahwa ia diberi tahu oleh penjaga masjid terkait adanya aksi pencurian. SL kemudian melihat tersangka PA keluar dari rumah dekat masjid dan langsung mengamankan pelaku.

"Saksi SL kemudian mengamankan pelaku dan dibawa ke masjid untuk diinterogasi dan dari hasil interogasi, pelaku mengaku telah mencuri kotak amal," kata Haryanto.

Saksi lainnya berinisial IS mengatakan, ia mendapat informasi aksi pencurian dari SL dan mencari tersangka lainnya, yaitu RA.

Pada saat melakukan pencarian di depan masjid menggunakan senter, IS melihat seorang berpakaian warna hitam sedang berada di kebun dalam posisi terbaring miring.

“Merasa penasaran, IS kemudian memanggil rekanya WS dan JY untuk memastikan orang tersebut dan setelah didekati dan dilihat ternyata tersangka RA sudah dalam keadaan meninggal dunia,” papar Haryanto.

Baca: Ini Tampang Lelaki Pencuri Kotak Amal di Masjid Al Mukhlisin Depok

Melihat tersangka sudah meninggal dunia, ketiga saksi ini kemudian memberitahukan hal tersebut ke kepala desa setempat.

Kepala desa kemudian memanggil pihak keluarga RA dan jenazah kemudian dibawa pulang kerumah.

"Berdasarkan keterangan dan hasil pemeriksaan dari petugas kesehatan di rumah duka, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan, dan hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa tersangka meninggal akibat serangan jantung," jelasnya.

Penulis: Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Pemuda Ini Ditemukan Tewas usai Mencuri Kotak Amal di Masjid

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas