Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Boleh Kalah Teknologi Pesawat, Tapi Soal Kemampuan Pilot, Australia Sudah Mengakui

meskipun hanya menggunakan pesawat F-16 Fighting Falcon dan Sukhoi, pilot-pilot kita selalu lebih unggul dibandingkan pilot-pilot lain (Australia)

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Indonesia Boleh Kalah Teknologi Pesawat, Tapi Soal Kemampuan Pilot, Australia Sudah Mengakui
IST/Kolonel Pnb Fajar Adriyanto
F-16 TNI AU saat berpatroli. 

Agustinus Winardi/Intisari-Online.com

TRIBUNNEWS.COM - Kekuatan udara RI selalu dalam kondisi siap tempur dan siaga untuk menghadapi ancaman dalam bentuk apapun.

Upaya pembinaan pun terus dilaksanakan oleh jajaran TNI AU demi meraih keunggulan udara.

Untuk pembinaan para pilot tempur agar selalu memiliki keunggulan baik dalam misi perang maupun nonperang pelatihan terhadap para pilot dan teknologi alutsista khususnya pesawat tempur terus dilakukan.

Untuk mengasah kemampuan tempur TNI AU dalam beragam misi itu, TNI AU antara lain telah memiliki fasilitas Air Weapon Range (AWR) dan Air Combat Maneuvering Range (ACMR) yang berfungsi untuk mengasah kemampuan penyerangan darat.

Di fasilitas AWR itu para pilot dari sejumlah skadron tempur melaksanakan latihan penembakan dari udara ke darat (air to surface) dan pengeboman secara rutin.

Latihan tempur selain dimaksudkan untuk mengasah kemampuan personel dalam hal combat maneuver, juga sebagai salah satu upaya melakukan regenarasi penerbang tempur.

BERITA TERKAIT

Hingga saat ini markas Koopsau 1 memiliki dua lokasi penembakan AWR yang berlokasi di Buding, Tanjung Pandan, Belitung, yang setiap tahun menjadi lokasi latihan puncak TNI AU bersandi Angkasa Yudha.

Lokasi penembakan AWR kedua berada di Siabu, Pekan Baru, Riau yang bisa digunakan latihan tempur oleh semua pesawat tempur termasuk helikopter.

Sementara, fasilitas ACMR merupakan wahana latihan para pilot tempur TNI AU untuk mengasah kemampuan tempur di udara (dogfight) yang berada di Pangkalan Udara Pekan Baru yang mulai beroperasi sejak tahun 1995.

Tujuan pembangunan fasilitas canggih itu adalah untuk lebih meminimalkan biaya latihan serta untuk makin meningkatkan kemampuan para penerbang tempur TNI AU dalam melaksanakan pertempuran udara (dogfight).

Ketika berlatih di ACMR semua pesawat yang sedang melaksanakan latihan dogfight di udara terpantau monitor yang berada di pusat kontrol.

Melalui fasilitas itu para pilot tempur senior bisa dengan mudah memberikan koreksi dari bawah kepada para penerbang yang sedang melakukan manuver tempur ketika melakukan kesalahan baik saat melaksanakan manuver tempur maupun ketika sedang melaksanakan simulasi penembakan terhadap targetnya.

Selain melaksanakan pembinaan pelatihan terbang tempur menggunakan fasilitas AWR dan ACMR , kemampuan pilot-pilot tempur TNI AU juga terus diasah dalam pelatihan yang berlangsung baik di dalam maupun luar negeri.

Halaman
12
Sumber: Intisari
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas