Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Ingatkan Pembuat Motor 'Chopper' yang Baru Dibelinya soal DNA Orang Indonesia

Konstruksi rangka motor Chopperland dirancang untuk mengusung mesin berkapasitas 250 cc - 500 cc.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi Ingatkan Pembuat Motor 'Chopper' yang Baru Dibelinya soal DNA Orang Indonesia
Tribunnews.com/Gita Irawan
Chopperland Jokowi dibawa konvoi di sekitar Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat sebelum masuk. TRIBUNNEWS.COM/GITA IRAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Founder bengkel modifikasi sepeda motor Elders Garage, Heret Frasthio mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengingatkan dia dan teman-temannya sesama pengrajin sepeda motor modifikasi tentang DNA orang Indonesia yang merupakan pengrajin.

Hal itu diungkapkan oleh Heret di Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Sabtu (20/1/2018).

"DNA-nya orang Indonesia itu udah pada lupa orang-orang. DNA-nya orang Indonesia itu crafting (kerajinan tangan-red). Dan di motor ini ada craftingnya," ungkap Heret mengingat pesan dari Jokowi kepadanya dan teman-temannya.

Heret juga mengatakan bahwa Jokowi berpesan kepadanya dan teman-temannya bahwa Indonesia dapat bersaing dengan pasar bebas di dunia dengan kekuatan kerajinan tangannya.

Baca: Cerita tentang Jokowi yang Menolak Anaknya Ingin Pakai Motor Chopperland

Bahkan Jokowi sempat mengingatkan bahwa sejak dulu Indonesia memiliki kekuatan di kerajinan tangan dengan menyebut keris dan candi sebagai hasil kerajinan tangan Indonesia.

"Zaman dulu tuh, kayak bikin keris, bangun candi. Jadi memang kita realize (sadar-red) itu. Dan kita merasa semacam diteguhkan lagi," ungkap Heret tersenyum usai mengantarkan motor karyanya dan kawan-kawannya pengrajin modifikasi sepeda motor lain ke Istana Bogor.

BERITA TERKAIT

Chopperland merupakan sepeda motor modifikasi karya kolaborasi bengkel Elders Garage dan Kickass Chopper yang dibeli Jokowi seharga Rp. 140 juta.

Konstruksi rangka motor Chopperland dirancang untuk mengusung mesin berkapasitas 250 cc - 500 cc.

Tujuh puluh persen bagian dari motor Chopperland adalah buatan tangan (hand made) yang dirancang khusus aesuai dengan keinginan pengendaranya.

Motor Chopperland juga telah terbukti kekuatan dan keakuratannya setelah melalui perjalanan pulang pergi Jakarta - Yogyakarta.

Motor Chopperland produk perdana yang dibeli oleh Presiden Jokowi telah ditampilkan pada ajang 26th Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2017. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas