Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Relawan Yakin PKB Tetap Dukung Jokowi dan Tidak Bikin Poros Ketiga

"Para petinggi PKB tersebut menyatakan bahwa mereka tidak bersedia keluar dari koalisi yang sudah terbangun dengan Jokowi," katanya

Relawan Yakin PKB Tetap Dukung Jokowi dan Tidak Bikin Poros Ketiga
Imanuel Nicolas Manafe/Tribunnews.com
Presiden Jokowi dan Muhaimin Iskandar di Beranda Istana Merdeka 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Iwan Dwi Laksono mengatakan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diyakini tetap mendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang dan tidak akan membentuk poros ketiga dalam pilpres mendatang.

Sebagai organisasi yang mendukung Jokowi maju kembali dalam Pilpres 2019, pihaknya sudah menjajaki dan berdiskusi dengan beberapa partai politik, termasuk PKB.

Dengan PKB, Iwan mengaku dirinya bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan sejumlah fungsionaris, misalnya Faisol Reza, Bambang Susanto, dan Hasan Wahid, di Kantor DPP PKB pada Jumat (9/3/2018).

"Nah, disela-sela diskusi itu, para petinggi PKB tersebut menyatakan bahwa mereka tidak bersedia keluar dari koalisi yang sudah terbangun dengan Jokowi," kata Iwan dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/3/2018).

Menurut Iwan, Jaman dan PKB sama-sama bersepakat bahwa program dan pembangunan yang sudah dilakukan pemerintahan saat ini harus dilanjutkan dan jangan sampai putus di tengah jalan.

Oleh kareanya, dibutuhkan kekuatan politik yang cukup untuk mendukung pembangunan jangka panjang yang sudah dilakukan pemerintah selama ini.

"PKB menyatakan bahwa mereka tidak ingin membentuk poros sendiri karena ada platform bersama yang harus didukung dan diselesaikan. Jadi, kecil kemungkinan poros baru tersebut akan terbentuk," katanya.

Sebelumnya, muncul wacana pembentukan poros ketiga di luar koalisi Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Poros ketiga ini melibatkan Demokrat, PKB, dan PAN.

Ketiga elite parpol sudah bertemu dan melakukan penjajakan.

Penulis: Ihsanuddin

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Relawan Jokowi Yakin PKB Tetap Setia dan Tak Akan Bentuk Poros Ketiga

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas