Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PELNI Launching Mobile Applications dan MoU Pembayaran Non Tunai Dengan Bank HIMBARA

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PT PELNI, melaunching Mobile Applications dan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU)

Penulis: FX Ismanto
zoom-in PELNI Launching Mobile Applications dan MoU Pembayaran Non Tunai Dengan Bank HIMBARA
TRIBUNNEWS.COM/HO
PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PT PELNI, melaunching Mobile Applications dan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Layanan Pembayaran Non Tunai (Cashless) dengan Menggunakan Mesin EDC Bank HIMBARA Bagi Pelanggan PELNI, Senin (7/5) di Auditorium Kantor Pusat PELNI Jakarta. TRIBUNNEWS.COM/IST 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PT PELNI, melaunching Mobile Applications dan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Layanan Pembayaran Non Tunai (Cashless) dengan Menggunakan Mesin EDC Bank HIMBARA Bagi Pelanggan PELNI, Senin (7/5) di Auditorium Kantor Pusat PELNI Jakarta.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang, Olih Masolich Sodikin mengatakan launching aplikasi Mobile Apps ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan PELNI. Pelanggan dapat melakukan booking tiket kapal PELNI dimanapun dan kapanpun melalui smartphone.

Sodikin melanjutkan aplikasi ini dapat digunakan sejak tanggal 7 Mei 2018 dengan cara mendownload pada aplikasi Playstore bagi pengguna Android.

Launching dilakukan oleh Direktur Utama PT PELNI, Insan Purwarisya L. Tobing, yang didampingi oleh Sodikin.

MoU PELNI dan Bank HIMBARA.
MoU PELNI dan Bank HIMBARA. (TRIBUNNEWS.COM/HO)

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan acara penandatanganan MoU dan PKS tentang Layanan Pembayaran Non Tunai (Cashless) dengan Menggunakan Mesin EDC Bank HIMBARA.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PT PELNI dengan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI, Adi Sulistyowati , Direktur Hubungan Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar. Hadir juga dalam acara ini Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Alexandra Askandar.

BERITA TERKAIT

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang dan Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei & Konsultan Bapak Gatot Trihargo.

Insan Purwarisya mengatakan sudah saatnya layanan pembayaran cashless atau non tunai diimplementasikan dalam transaksi pemesanan dan pembelian tiket kapal Pelni. "Dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) Bank HIMBARA, pelanggan Pelni tidak perlu membawa uang tunai ke loket," terang Insan.

PT PELNI, lanjutnya akan memasang mesin EDC sebanyak 53 unit, 1 unit di loket Kantor Pusat Jakarta dan 52 unit di loket Kantor Cabang yang tersebar dari Belawan hingga Jayapura. "Pada Triwulan III/2018, akan dipiloting di 2 loket, yaitu loket Kantor Pusat dan loket Kantor Cabang Utama Tanjung Priok," papar Insan.

Selanjutnya untuk Triwulan IV/2018, akan dilakukan piloting di 2 loket Kantor Cabang Utama lainnya, yaitu Kantor Cabang Surabaya dan Makassar. "Diharapkan pada tanggal 01 Januari 2019 pembelian tiket para pelanggan Pelni dengan menggunakan mesin EDC Bank HIMBARA ini telah berjalan sepenuhnya di 53 loket Pelni," tutup Insan.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS)
Penandatanganan PKS dilakukan antara Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI, Olih Masolich Sodikin, dengan Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI, Koen Yulianto, Kepala Divisi Retail Payment BRI, Arif Wicaksono dan Group Head Transaction Banking Retail Sales, Thomas Wahyudi.

Direktur Keuangan PT PELNI, Ibu Tri Andayani, dalam kesempatan yang sama menyampaikan manfaat penggunaan mesin EDC dalam melakukan pembayaran bagi Pelanggan PELNI antara lain efisiensi waktu; lebih mudah dalam bertransaksi, karena tidak perlu menyiapkan uang tunai; dan meminimalisir risiko menjadi korban kejahatan, karena untuk nominal hingga jutaan rupiah tidak perlu membawa fisik uang, terang Tri Andayani.

Sedangkan manfaat bagi PELNI, lanjutnya, selain efisiensi waktu; proses pembukuan menjadi lebih mudah, transparan, akurat dan real time; lebih mudah dalam bertransaksi, karena tidak perlu menyiapkan uang tunai/kembalian; dan lebih mudah dalam melakukan pengawasan, khususnya meminimalisir potensi risiko fraud dalam operasional.

Sekilas tentang EDC
Mesin EDC merupakan singkatan dari mesin Electronic Data Capture. Mesin ini berfungsi untuk menerima pembayaran dari pelanggan ke toko atau loket pembayaran menggunakan kartu, baik itu kartu kredit maupun kartu debit.

Sekilas tentang Perseroan
PT Pelni (Persero) adalah BUMN transportasi laut terbesar di Indonesia yang mengoperasikan 26 kapal penumpang, 47 kapal perintis, 6 kapal tol laut dan 2 kapal ternak, dengan trayek mencakup seluruh perairan Nusantara.

Perseroan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan terus berinovasi di bidang pelayanan dan jasa transportasi laut. Perseroan memiliki anak perusahaan PT. Rumah Sakit Pelni bergerak di bidang layanan jasa kesehatan, PT. Sarana Bandar Nasional bergerak di bidang bongkar muat, trading, trucking dan jasa logistik dan PT. PIDC bergerak di bidang jasa service pelayanan permakanan di atas kapal, cleaning service dan jasa pengamanan. *

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas