Tribun

Berinovasi Kembangkan Smart Drop Box untuk Kelola Sampah Botol Plastik

Sejumlah 80 SDB akan ditempatkan di gerai Alfamart wilayah Jakarta dan Tangerang di sepanjang tahun 2018

Editor: Eko Sutriyanto
Berinovasi Kembangkan Smart Drop Box untuk Kelola Sampah Botol Plastik
Tribunnews/Eko Sutriyanto
Launching Smart Drop Box -- Danone-AQUA, Alfamart dan Telkomsel menjalin kolaborasi dengan didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, membuat Smart Drop Box (SDB) untuk pengelolaan sampah kemasan botol plastik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Danone-AQUA, Alfamart, Telkomsel dan Smash meluncurkan Smart Drop Box (SDB) di Car Free Day (CFD) Jakarta, hari ini.

SDB merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik dan terhubung dengan mySmash, yaitu aplikasi yang membantu pengguna SDB untuk mencatatkan sampah botol yang dikumpulkan dan mendapatkan imbalan poin yang dapat digunakan sebagai pembayaran online.

Sebelumnya, pengguna SDB harus mengunduh aplikasi pada telepon pintar lalu memindai barcode pada botol plastik yang akan dibuang.

Setelah sampah botol plastik ini dimasukkan kedalam SDB, maka  akan diberikan imbalan dalam bentuk poin T-Cash (produk e-money Telkomsel).

Sejumlah 80 SDB akan ditempatkan di gerai Alfamart wilayah Jakarta dan Tangerang di sepanjang tahun 2018.

Sebagai pengenalan awal ke masyarakat, Danone-AQUA sebagai sponsor resmi Asian Games akan menyebar 30 SDB di sekitar venue pertandingan di Jakarta  selama perhelatan besar tersebut berlangsung.

Melalui inisiatif SDB, Danone-AQUA, Alfamart, Telkomsel dan Smash berkolaborasi membangun model pengelolaan sampah botol plastik PET yang terintegrasi, dengan melibatkan peran aktif konsumen dalam proses awal daur ulang.

Smash (Sistem Online Manajemen Sampah) sebagai pengembang aplikasi berperan untuk mendesain dan mengoperasikan sistem online yang terpasang di SDB dan aplikasi mySmash yang digunakan oleh pelanggan.

Baca: Cak Imin Sunmori Bareng Bikers Kampanyekan Asian Games 2018 dan Bebas Sampah Plastik

Smash merupakan platform aplikasi terintegrasi untuk manajemen persampahan di seluruh Indonesia. Adapun Telkomsel, turut mengawal mySmash dalam lahirnya solusi ide tempat sampah pintar berbasis teknologi sebagai bagian dari Program Inkubasi Bisnis.

Solusi Smart Drop Box ini pun didukung oleh konektifitas Telkomsel dengan kartu perdana khusus yang didesain untuk konektifitas antar barang (Internet of Things SIM Card).

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas