Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Anggota DK PBB, Komunitas Internasional Percaya Indonesia Bisa Jaga Perdamaian Dunia

Kembali terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, tidak hanya menunjukkan prestasi Indonesia di kancah dunia.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jadi Anggota DK PBB, Komunitas Internasional Percaya Indonesia Bisa Jaga Perdamaian Dunia
Kompas.com
Retno Marsudi menjabat tangan anggota lain di PBB 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan kembali terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), tidak hanya menunjukkan prestasi Indonesia di kancah dunia.

"Keanggotaan RI di DK PBB itu tidak hanya bermakna prestasi di panggung internasional," ujar Bamsoet, dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (9/6/2018).

Namun juga menyampaikan pada seluruh pihak bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta para Diplomat RI mampu meyakinkan dunia terkait 'wajah' asli Indonesia.

"Melainkan juga menunjukkan keberhasilan Menlu Retno dan para Diplomat RI menggambarkan dan meyakinkan kepada dunia tentang wajah dan kepribadian Bangsa Indonesia yang sesungguhnya," jelas Bamsoet.

Menurutnya, selama ini kepribadian Indonesia yang menjunjung tingi perdamaian, telah tercatat dalam sejarah peradaban.

"Sejarah peradaban mencatat bahwa Indonesia selalu menampilkan wajah dan citra bangsa yang cinta damai," kata Bamsoet.

Baca: Salah Satu Pelaku Pembunuhan Tamu di Apartemen Educity Ditembak Polisi

BERITA TERKAIT

Sehingga hal itu yang ia anggap sebagai salah satu faktor yang membuat Indonesia bersedia mengambil peran secara aktif dalam upaya menjaga perdamaian dunia.

"Karena itulah Indonesia selalu bersedia berperan aktif menjaga perdamaian dunia, sejalan dengan kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif itu," papar Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III itu kemudian menekankan bahwa pihaknya menganggap kembali terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan oleh komunitas internasional terhadap bangsa ini.

"DPR RI menilai, betapa komunitas internasional sangat memercayai peran dan komitmen Indonesia menjaga perdamaian dunia," tegas Bamsoet.

Sebelumnya, Indonesia telah terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB untuk periode 2019-2020.

Keputusan tersebut diambil dalam pemilihan yang dilakukan oleh Majelis Umum PBB di Markas Besar PBB di New York, Jumat lalu (8/6/2018) waktu setempat.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pun turut hadir dalam proses pemilihan tersebut, ia kemudian mengungkapkan rasa syukurnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas