Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pariwisata

Baidu Perkuat Kemitraan dengan Kementerian Pariwisata RI Dengan Strategi SEM dan Display Ads

Baidu terus berkontribusi bagi target jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia memasuki kemitraan

Baidu Perkuat Kemitraan dengan Kementerian Pariwisata RI Dengan Strategi SEM dan Display Ads
TRIBUNNEWS.COM/Jing Daily/ho
Wisatawan Tiongkok lakukan aktivitas. TRIBUNNEWS.COM/Jing Daily 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Baidu terus berkontribusi bagi target jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia memasuki kemitraan tahun ketiga dengan Kementerian Pariwisata RI

Srategi SEM dan Display Ads sangat efektif karena internet user di Tiongkok merupakan terbesar di dunia, dan paling besar dalam memanfaatkan search engine Baidu yang menguasai hampir 80% market China. Metode promosi lewat KOL (key opinion leader) juga terus diterapkan untuk mempromosikan Indonesia di Tiongkok.     

Keberhasilan Baidu dalam meningkatkan arus wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia pada tahun 2016 dan 2017 menjadi modal kuat bagi Baidu untuk meneruskan kemitraaan strategis dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang sudah memasuki tahun ke-3

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia, mencapai 27,3% di tahun 2016. Dan pada tahun 2017, dari 14 juta kunjungan wisatawan mancanegara, 1,9 juta berasal dari negeri Tirai Bambu.

“Kami sangat antusias dalam mendukung pemerintah Indonesia untuk memenuhi target wisatawan asing tahun ini, khususnya wisatawan Tiongkok. Hal ini dikarenakan Baidu adalah platform paling tepat untuk mempromosikan Indonesia di Tiongkok melalui SEM, Display Ads dan juga melalui program mendatangkan high-end China KOL yang telah kami seleksi dengan seksama,” ujar Ken Tao, Direktur Bisnis Asia Tenggara Baidu di Jakarta.

Di tahun ketiga kemitraan strategis ini, Baidu semakin menegaskan komitmennya dalam mendukung Kementerian Pariwisata RI mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok.

Pencapaian kunjungan turis mancanegara ke Indonesia sampai dengan Mei 2018 masih rendah. Tercatat, sebanyak 6,16 juta turis asing masuk ke Indonesia, dengan angka pertumbuhan 11,89% dari target sebesar 21%.

Diharapkan, turis asal Tiongkok dapat memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan arus wisatawan mancanegara di Indonesia. Apalagi data yang baru dikeluarkan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO) pada 2016 menyebutkan dana berwisata ke luar negeri yang dibelanjakan oleh turis asal Tiongkok menjadi yang paling tinggi dengan 261 milyar dollar per tahun di atas turis asal Amerika, Jerman, Inggris dan Perancis. Potensinya semakin besar mengingat total pemilik passport baru mencapai 7%.

Peluang  terbaru tercatat oleh Baidu SEM (Search Engine Marketing) pada periode April 2018, di mana Bali masuk di peringkat 8 dalam Top Ten City.

Inilah yang mendorong Baidu memfokuskan strategi SEM dan Display Ads  dalam kemitraan dengan Kementerian Pariwisata RI tahun ini. Tentunya tak hanya Bali, Baidu akan mendorong daerah lain yang menjadi target Kementerian Pariwisata untuk dipromosikan agar lebih dikenal oleh masyarakat Tiongkok.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: FX Ismanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas