Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemeriksaan Perdana Tersangka, Idrus Sudah Tahu Bakal Ditahan

"Saya menghormati proses hukum yang dilakukan KPK. Sedari awal saya menyatakan siap mengikuti seluruh proses dan tahapan yang ada," ucap Idrus

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Pemeriksaan Perdana Tersangka, Idrus Sudah Tahu Bakal Ditahan
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Mantan Menteri Sosial Idrus Marham kenakan rompi oranye di KPK, Jakarta, Jumat (31/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Mantan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (31/8/2018) petang usai menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka di kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Sebelum masuk ke mobil tahanan, Idrus menyatakan menghormati keputusan penyidik yang memutuskan menahan dirinya selama 20 hari kedepan di Rutan Gedung Merah Putih KPK‎ demi kepentingan penyidikan.

Baca: BREAKING NEWS: Idrus Marham Ditahan KPK

"Saya menghormati proses hukum yang dilakukan KPK. Sedari awal saya menyatakan siap mengikuti seluruh proses dan tahapan yang ada," ucap Idrus.

"Saya juga ‎tahu setelah jadi saksi, jadi tersangka, pasti akan ada penahanan. Dan saya katakan sekali lagi, saya ikuti tahapan ini. Semua saya hormati semua langkah yang diambil," ujarnya lagi.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan tiga tersangka. Mereka yakni Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragi, bos Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budisutrisno Kotjo dan Idrus Marham.‎

Penyidik menduga, Idrus mengetahui dan memiliki andil atas penerimaan uang dari Ko‎tjo ke Eni. Sekitar November-Desember 2017, Eni menerima Rp 4 miliar. Bulan Maret-Juni 2018, Eni kembali menerima Rp 2,25 miliar.

Baca: KPU Perintahkan KPU Kabupaten TTS Eksekusi Putusan MK

Idrus juga diduga telah menerima janji untuk mendapatkan bagian yang sama dengan Eni sebesar 1,5 juta dollar AS yang dijanjikan Kotjo apabila proyek itu bisa dilaksanakan oleh Kotjo.

BERITA TERKAIT

Baik Eni maupun Setya Novanto, eks Ketum Golkar sekaligus eks Ketua DPR RI sudah satu suara, uang suap tetsebut mengalir ke Munaslub Golkar pada 2017 silam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas