Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dollar Tembus Rp 15 Ribu, Presiden Diminta Hati-hati Tentukan Kebijakan Ekonomi

Emrus juga mengatakan, pemerintahan Jokowi-JK tidak perlu ragu mengevaluasi kinerja tim ekonomi bila memang hasil evaluasi itu...

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Dollar Tembus Rp 15 Ribu, Presiden Diminta Hati-hati Tentukan Kebijakan Ekonomi
Tribunnews/JEPRIMA
Foto ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM – Kurs dollar AS terhadap rupiah telah menembus Rp 15.000 pada Selasa sore (2/10/2018).

Mencermati hal ini, pengajar komunikasi politik, Emrus Sihombing, menilai pemerintah harus lebih berhati-hati menentukan formula ekonomi mengatasi liarnya lonjakan dollar AS ini.

Baca: SKK Migas Proyeksikan Penyerapan Dana CSR KKKS Sekitar 80 Persen

Menurutnya, tim ekonomi Kabinet Presiden Jokowi-JK belum memiliki solusi komprehensif untuk meredam berbagai macam faktor yang mengakibatkan rupiah tidak berdaya. Apalagi, kondisi ini menggerus cadangan devisa RI.

“Terlebih, The Fed bakal terus menaikkan suku bunga dalam beberapa waktu ke depan. Ini memang diakui sebagai faktor eksternal namun tim ekonomi harus sudah bersiap dan meramu formula terbaik untuk rakyat Indonesia,” ujarnya ketika dihubungi, Selasa (2/10/2018).

Emrus juga mengatakan, pemerintahan Jokowi-JK tidak perlu ragu mengevaluasi kinerja tim ekonomi bila memang hasil evaluasi itu akan memberikan stabilitas dan rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Siapapun ekonom atau pakar ekonomi yang mampu menyelesaikan persoalan ekonomi bangsa ini dan memberikan formula yang lebih baik, maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menutup mata sekalipun opsi itu ialah presiden melakukan reshuffle kabinet,” tegasnya.

Diharapkan, formula ekonomi tersebut dapat memperkuat rupiah, sekaligus menahan laju fluktuasi dollar AS dan berdampak mempertahankan cadangan devisa serta muaranya memperbaiki fundamental ekonomi nasional.*

BERITA TERKAIT
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas