Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilpres 2019

Masuk 50 Muslim Berpengaruh, Jokowi Sosok Berprestasi Diakui Masyarakat Muslim Dunia

Pertimbangan paling krusial kata dia, adalah kepemimpinannya yang berkontribusi nyata terhadap perkembangan umat Muslim Indonesia.

Masuk 50 Muslim Berpengaruh, Jokowi Sosok Berprestasi Diakui Masyarakat Muslim Dunia
Kris - Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo menyambangi pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (19/10/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Dosen ilmu pemerintahan Universitas Padjadjaran, Bandung, Idil Akbar menilai pencapaian luar biasa ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan dalam top 50 muslim paling berpengaruh sedunia.

 "Ini menunjukkan bahwa Jokowi sebagai sosok berprestasi yang diakui dunia, khususnya masyarakat muslim dunia," ujar Idil Akbar kepada Tribunnews.com, Sabtu (20/10/2018).

 Penghargaan ini menurut dia, tentu tidak sembarang dilakukan. 

 Pertimbangan paling krusial kata dia, adalah kepemimpinannya yang berkontribusi nyata terhadap perkembangan umat Muslim Indonesia. 

 "Sebagaimana dilansir dalam laman Muslim 500 tentang Jokowi dinyatakan sebagai sosok yang terus mengembangkan hubungan yang dekat dengan masyarakat dan terus mengasah moralitas dan membangun reputasi menjadi politisi bersih dan bebas dari korupsi dalam setiap level kepemimpinannya. Dan setiap perubahan yang terjadi secara progresif saya pikir turut mengkonfirmasi penetapan Jokowi sebagai Muslim berpengaruh dunia," jelasnya.

 Dampaknya juga menurut dia, yang paling penting yaitu potensi untuk lebih dipercaya, khususnya oleh negara-negara berpenduduk muslim dunia, yang berpotensi pula dapat memberi kontribusi penting terhadap investasi. 

 "Sebagaimana kita tahu, banyak negara muslim dunia yang kaya raya. Dengan penetapan ini akan meningkatkan kepercayaan negara-negara muslim untuk menanamkan investasinya ke Indonesia sebagai negara yang juga berpenduduk muslim terbesar didunia," paparnya.

 Penetapan ini juga bisa menjadi indikator bahwa Jokowi sebagai Presiden diterima oleh kalangan Muslim dunia. 

 "Sebagai muslim Indonesia saya kira sepatutnya pula penghargaan ini bisa diapresiasi sebab sebagai penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi barometer bagi universalitas nilai-nilai Islam yakni sebagai agama Rahmatan Lil'alamin," jelasnya.

 Jokowi berada di deretan 'Top 50' dalam daftar yang dirilis The Muslim 500 tersebut.

 The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Jordania menempatkan Presiden Jokowi di posisi ke-16 dari deretan 50 tokoh muslim dunia paling berpengaruh tahun 2019. 

 Mengutip buku 'Edisi Ulang Tahun Ke-10, 500 Muslim: 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019, tercatat dari Indonesia ada empat tokoh yang masuk ke daftar muslim berpengaruh di dunia yakni Presiden Jokowi (16), Ketum PBNU Said Aqil Siradj (20), dan Habib Luthfi bin Yahya (37).

 Adapun untuk peringkat teratas dikunci oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (1), Raja Saudi Salman bin Abdulaziz (2), Raja Jordania Abdullah Hussein (3). (*)

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas