Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada 5 Sesi Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018, Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan

Nantinya, terdapat lima sesi untuk tes yang menggunakan jaringan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) milik Kemendikbud.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ada 5 Sesi Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018, Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Peserta Lelang pengadaan sarana dan prasarana pelaksanaan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 melalui Tender Cepat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 01/Peng/Pokja CPNS/BKN/X/2018 dipersoalkan. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara ( BKN) mewajibkan setiap peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2018, agar hadir ke lokasi tes satu jam sebelumnya.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menuturkan, hal itu diterapkan mengingat banyak persiapan yang perlu dilakukan sebelum tes.

"Karena ada pemeriksaan fisik, pemeriksaan identitas, macam-macam, masuk ruangan, termasuk penjelasan bagaimana mengisinya," tuturnya saat konferensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta Timur, Rabu (24/10/2018).

Baca: Tersebar Lebih di 200 Titik, Simak Daftar Lokasi Tes SKD CPNS 2018 di 34 Provinsi

Nantinya, terdapat lima sesi untuk tes yang menggunakan jaringan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) milik Kemendikbud.

Satu sesi berlangsung selama 90 menit, di mana peserta harus mengerjakan soal sebanyak 100 butir.

Sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 09.30 waktu sempat, sesi kedua pada pukul 10.00 hingga pukul 11.30, sesi ketiga pada pukul 12.00 hingga pukul 13.30, sesi keempat pada pukul 14.00 hingga pukul 15.30, dan sesi terakhir pada pukul 16.00 hingga pukul 17.30.

Ia mengatakan, pihaknya dapat menambah satu sesi lagi jika terpaksa, yaitu pada pukul 18.30 hingga pukul 20.00.

BERITA TERKAIT

Sementara khusus hari Jumat, maksimal sesi yang diadakan adalah lima kali.

Ia mencontohkan, misalnya seseorang mendapatkan sesi keempat pada pukul 14.00. Orang tersebut harus sudah sampai satu jam sebelumnya.

"Kami berlakukan mereka sudah harus ada satu jam sebelum sesi dirinya, jadi teman-teman yang sudah tahu akan ada di sesi keempat, dia maksimal jam satu sudah harus di tempat," terang dia.

Tahap ini merupakan tahapan selanjutnya bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi. Tahap SKD akan diselenggarakan pada 26 Oktober hingga 17 November mendatang.

Ujian tersebut tersebar di 32 titik yang menggunakan jaringan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lalu, terdapat 237 titik lainnya yang menggunakan jaringan UNBK milik BKN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada 5 Sesi Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018, Peserta Wajib Hadir 1 Jam Sebelumnya"
Penulis : Devina Halim

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas