Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Berita Parlemen

DPR Ingatkan Peran RRT Bangun Perdamaian di Jalur Maritim

ahri Hamzah merangkai ulang sejarah soal jalur maritim kuno dan misi agama yang telah menyatukan Tiongkok dan Nusantara.

DPR Ingatkan Peran RRT Bangun Perdamaian di Jalur Maritim

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah merangkai ulang sejarah soal jalur maritim kuno dan misi agama yang telah menyatukan Tiongkok dan Nusantara.

Pada masa lalu, Indonesia dan Nusantara telah terhubung melalui misi dagang dan misi agama.

Bahkan ‘perantara’ penyebaran agama (Islam) dari Madinah ke Indonesia adalah Yunnan di China bagian selatan, tempat Laksamana Cheng Ho (Zheng He) lahir.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI selaku pimpinan Delegasi Parlemen Indonesia saat menyampaikan pidato hadapan peserta 21st Century Maritime Silk Road International Expo 2018 di Guangzhou, Tiongkok, Jumat (26/10/2018).

Peserta terdiri dari pemimpin pemerintahan dan pengusaha di negara jalur maritim dan jalur sutra yang diinisiasi Tiongkok.

“Indonesia percaya bahwa misi yang penuh perdamaian terbina pada masa lalu dapat menciptakan masa depan yang lebih indah, untuk kebaikan kemanusiaan,” ujar Fahri dalam pidatonya di hadapan 57 negara negara peserta.

Fahri mengapresiasi gagasan Presiden RRT Xi Jingping untuk menghidupkan kembali rute perdagangan Silk Road atau Jalur Sutra.

Gagasan tersebut lebih dari persoalan perdagangan, investasi dan keuntungan bisnis yang menjadi tema kegiatan. 

Menurutnya, The Silk Road Economic Belt dan 21st Century Maritime Silk Road kedua komponen Belt and Road Initiative (BRI), telah menjadi pengungkit kemajuan ekonomi negara-negara sahabat.

Apalagi, pemerintah RRT menyebut prakarsa itu “upaya untuk meningkatkan konektivitas regional dan merangkul masa depan yang lebih cerah”.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas