Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berapa Standar Gaji Pilot Komersil? Ini Faktor Penentunya Agar Dibayar Besar

Berapa banyak gaji yang diterima pilot pesawat komersil tentunya berbeda dengan apa yang didapatkan pilot pesawat pribadi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Berapa Standar Gaji Pilot Komersil? Ini Faktor Penentunya Agar Dibayar Besar
Istimewa
Ilustrasi pilot dan co-pilot. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM - Berapa banyak gaji yang diterima pilot pesawat komersil tentunya berbeda dengan apa yang didapatkan pilot pesawat pribadi.

Namun apa faktor yang membuat mereka bisa dibayar berbeda, ternyata cukup menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Nah, kali ini kita akan membahas faktor yang menentukan pilot pesawat komersil dibayar 'mahal'.

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi alasan mengapa para pengemudi si burung besi ini layak memperoleh gaji besar.

Perlu diketahui, selain dari negosiasi kontrak dasar, ada banyak faktor yang menentukan berapa banyak jumlah gaji yang bisa dibawa pulang pilot pesawat komersil, termasuk diantaranya faktor seberapa besar ukuran pesawat yang biasa mereka terbangkan.

Seperti yang disampaikan Brian Sumers, seorang Pakar Industri Penerbangan di Skift.

Baca: Gaji Pilot Lion Air Disorot, Bandingkan dengan Standar di Luar Negeri

BERITA REKOMENDASI

Skift adalah sebuah perusahaan media penyedia perjalanan intelijen.

"Jika anda menerbangkan pesawat yang lebih besar (ukurannya) dengan (diisi) lebih banyak penumpang, anda tentunya akan dibayar lebih banyak," ujar Sumers.

Lalu bagaimana caranya agar anda bisa menerbangkan pesawat yang memiliki ukuran lebih besar itu ?

"Jawabannya adalah senioritas, semakin lama anda berada di sebuah maskapai penerbangan, semakin senior anda, jadi kebanyakan pilot cenderung tetap loyal dengan satu maskapai penerbangan saja, saat mereka mendapatkan pekerjaan sebagai pilot di sana," jelas Sumers.

Dikutip dari laman Time, Kamis (1/11/2018), sedikit fakta yang bisa terkuak terkait bayaran terhadap para pilot maskapai adalah pada umumnya mereka dibayar per jam.

Undang-undang Federal mengamanatkan bahwa para pilot hanya dapat terbang selama 1.000 jam setiap tahun untuk memastikan kondisi tubuh mereka tetap bugar dan sehat saat menjalani pekrrjaan.

Upah tertinggi yang mereka terima per jam adalah USD 320 untuk tugas menerbangkan pesawat Boeing 777, salah satu pesawat terbesar yang pernah ada dalam sejarah penerbangan.

Boeing 777 memiliki ukuran mencapai hampir 210 kaki dengan kemampuan bisa mengangkut sekitar 400 penumpang.

Penerbangan pesawat tersebut biasanya dilakukan oleh pilot yang memiliki jam terbang sangat tinggi atau bisa disebut sebagai pilot yang lebih senior.

Jadi, berapa banyak bayaran yang diterima tergantung pada lamanya rekam jejak mereka dalam dunia penerbangan, mulai dari berapa lama jam terbang hingga jenis pesawat apa yang biasa mereka terbangkan.

"Beberapa hal yang paling penting diantaranya adalah melakukan penerbangan jarak jauh seperti dari Amerika atau Eropa, ke Asia dan Australia, karena mungkin akan memerlukan waktu perjalanan selama 15 jam pergi dan 15 jam kembali, sehingga ia (pilot) bisa mendapatkan 30 jam hanya dalam dua kali perjalanan," kata Sumers.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas