Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pesawat Lion Air Jatuh

Lion Air Diberi Waktu 90 Hari untuk Tanggapi Rekomendasi di Laporan Awal KNKT

KNKT menerbitkan dua rekomendasi yang diterbitkan laporan awal KNKT terkait jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan Karawang

Lion Air Diberi Waktu 90 Hari untuk Tanggapi Rekomendasi di Laporan Awal KNKT
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Ketua KNKT Nurcahyo Utomo, Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko dan Koordinator Air Safety Investigation KNKT Oni Soerjo Wibowo saat jumpa pers soal kelayakan terbang pesawat Lion Air PK-LQP, di Jakarta, Kamis (29/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerbitkan dua rekomendasi yang diterbitkan laporan awal KNKT terkait jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan Karawang, Jawa Barat, 29 Oktober lalu.

Ketua KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan, pihaknya memberi waktu 90 hari ke Lion Air agar menanggapi rekomendasi tersebut.

"Dalam preliminary report ini KNKT menerbitkan 2 safety recommendations. Sesuai ketentuan ICAO Annex 13 butir 6,10, penerima rekomendasi dalam waktu 90 hari diminta untuk memberikan tanggapan atas rekomendasi yang diterima," kata Nurcahyo saat jumpa pers di kantor KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Dua rekomendasi tersebut sudah disampaikan pada Rabu (28/11/2018) kemarin.

Baca: Telkomsat Gandeng Singapore Luncurkan Layanan Terbaru Satelit Maritim

Isi rekomendasi tersebut, yaitu agar menjamin implementasi operation Manual part A subchapter 1.4.2 dalam rangka meningkatkan budaya keselamatan.

Kemudian agar menjamin pilot dapat mengambil keputusan untuk menurunkan penerbangan.

"Rekomedasi ini untuk mencegah kecelakaan di kemudian hari. KNKT memandang salah satu yang perlu dilakukan apa yang ditulis dari rekomendasi," jelasnya.

"Kalau Lion air berkebaratan, rekomendasi bisa bersama evaluasi. Jika alasan keberatannya cukup mencegah kecelakan, maka mungkin akan kita terima. Apabila alasan penolakan tidak menjalankan rekomendasi ini kita nilai belum mampu mencegah kecelakan kita bisa nolak," sambungnya.

Sementara itu, Dirut Lion Air Edward Sirait mengatakan, pihaknya siap menjalankan rekomendasi tersebut.

"Apapun rekomendasi yang diberikan Kemenhub dan KNKT, kami sudah dan akan melakukan tindak lanjut. Mengenai budaya keselamatan, itu sebenarnya sebelumnya sudah melakukan terus-menerus di lingkungan Lion Air," ujar Edward dalam jumpa pers di Lion Air Tower, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018) malam.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pesawat Lion Air Jatuh

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas