Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sukses Bawa Banyumas Berprestasi, Esti Kurniati Maju Sebagai Calon Ketua Umum IPPNU

Perempuan yang pernah meraih Awardee LPDP Universitas Indonesia Jakarta ini mengungkapkan bahwa IPPNU bukanlah

Editor: Husein Sanusi
zoom-in Sukses Bawa Banyumas Berprestasi, Esti Kurniati Maju Sebagai Calon Ketua Umum IPPNU
Istimewa
Caketum IPPNU, Esti Kurniati 

TRIBUNNEWS.COM - Esti Kurniati, Perempuan kelahiran Desa Karanggude Kulon ini berhasil membawa Organisasi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Banyumas sebagai Organisasi Kepemudaan berprestasi.

Melalui Program Taman Baca Masyarakat yang ia usung, PC IPPNU Banyumas mampu meraih Juara 2 OKP Berprestasi Tingkat Kabupaten pada tahun 2015 dan 2016, Juara 1 OKP Berprestasi Tingkat Kabupaten tahun 2017, Juara 2 OKP Berprestasi Tingkat Propinsi Jawa Tengah di tahun 2017.

Meski terlahir dari keluarga biasa dan dari desa, namun ia juga mampu membawa Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Banyumas masuk 8 Besar OKP tingkat Nasional oleh Kemenpora di tahun 2017.

Perempuan yang pernah meraih Awardee LPDP Universitas Indonesia Jakarta ini mengungkapkan bahwa IPPNU bukanlah Organisasi Kepemudaan biasa.

IPPNU memiliki kekuatan besar melalui asas Keterpelajaran, Keagamaan, dan Kebangsaan.

Melalui prestasi-prestasi yang ia bawa tersebut, Wakil Ketua III Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU Jawa Tengah ini percaya diri akan bisa membawa IPPNU lebih gemilang di kancah nasional maupun internasional.

Dalam Kongres IPPNU yang berlangsung tahun ini, ia bertekad akan maju sebagai Calon Ketua Umum IPPNU periode 2018-2021.

BERITA TERKAIT

Tekad yang ia miliki ia cetuskan dalam salah satu misi yaitu Meningkatkan kapasitas bagi Kader IPPNU dan mempersiapkan mereka agar siap menjadi pemimpin-pemimpin perempuan Muda Indonesia.

“Kita tidak perlu menunggu tua untuk menjadi pemimpin, karena pada dasarnya kita diciptakan untuk menjadi pemimpin. Jangan menunggu tapi usahakan semampumu. Semua punya kesempatan sama, yang membedakan adalah kemauan untuk maeraihnya.” kata Esti Kurniati. 

Menurut Wisudawan Terbaik Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman 2015 ini, untuk maju dalam kontestasi kepemimpinan IPPNU tidak hanya sekedar berprestasi secara pribadi, atau memiliki latar belakang keluarga yang hebat.

Namun seorang Pemimpin harus mengerti dan memahami kondisi apa yang ia pimpin, sehingga akan mampu memberikan terobosan-terobosan baru untuk perbaikan organisasi.

Maka dari itu, perempuan 26 tahun ini menyiapkan 5 program unggulan, antara lain Sapa Pelajar & Santri Nusantara yaitu safari PP IPPNU ke pimpinan tingkatan di bawahnya, IPPNU Connect yaitu pengoptimalan media sosial dan sarana interaksi organisasi, Young Female Leader Incubator yaitu Pusat penggemblengan untuk menyiapkan  pemimpin-pemimpin perempuan muda Indonesia, Satukan Alumni yaitu mensinergikan dan mengoptimalkan potensi dan peran alumni IPPNU yang tersebar luas dan jumlahnya banyak di semua tingkatan sebagai wajah IPPNU sebagai organisasi yang besar.

Esti menambahkan bahwa ia akan tetap akan menjalankan program tersebut meski ia tidak terpilih menjadi Ketua Umum dengan mengaspirasikan programnya kepada Ketua Umum terpilih siapapun nanti.

Namun ia tetap percaya diri bahwa dengan usaha yang disokong oleh pengalaman atau track recordnya selama ber-IPPNU, kader IPPNU se-Indonesia akan melihat kesungguhannya berjuang bukan semata hanya untuk menjadi yang di depan tapi bagaimana ia mampu bersama-sama menjadi yang terdepan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas