Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ILUNI UI Harap KPU Sosialisasikan SOP Kekuatan dan Pengamanan Kotak Suara

Munculnya reaksi pro kontra ini berkaitan dengan kepercayaan publik terhadap pelaksana penyelenggara Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in ILUNI UI Harap KPU Sosialisasikan SOP Kekuatan dan Pengamanan Kotak Suara
Tribunnews.com
Diskusi bulanan Policy Centre (Polcent) Badan Pengurus Harian (BPH) Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Kamis (20/12/2018), di gedung rektorat UI Salemba Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Adanya kekhawatiran masyarakat terhadap penggunaan karton sebagai kotak suara serta banyak ditemukannya blanko kosong e-KTP (kartu tanda penduduk elektronik) merupakan wujud nyata adanya perhatian dan keinginan kuat masyarakat akan Pemilihan Presiden dan anggota legislatif (Pemilu) yang berintegritas, jujur dan adil.

Munculnya reaksi pro kontra ini berkaitan dengan kepercayaan publik terhadap pelaksana penyelenggara Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik pusat maupun daerah.

Jika kepercayaan publik terhadap KPU telah baik, maka kotak suara dari bahan apapun tak akan dipermasalahkan.

Untuk meminimalisir kekhawatiran masyarakat perlu segera disosialisasikan pengamanan kotak suara dari kardus dan penggunaan e-KTP sehingga Pemilu berjalan lancar, aman dan damai.

Hal tersebut mengemuka dalam diskusi bulanan (Disbul) Policy Centre (Polcent) Badan Pengurus Harian (BPH) Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Kamis (20/12/2018), di gedung rektorat UI Salemba Jakarta Pusat.

Baca: Bawaslu Minta KPU Antisipasi Paparan Air dan Terbakarnya Kotak Suara

Acara yang dibuka Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono menghadirkan pembicara antara lain Ketua KPUD Jakarta periode 2012-2017 Sumarno, anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria, deputi direktur Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati serta el Luthfie sebagai moderator diskusi.

Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono dalam sambutan pembukaannya memaparkan, diambilnya tema “Kotak Suara Karton dan Blanko Ekstra eKTP sebagai Tantangan Pelaksanaan Pemilu Jurdil” dalam Diskusi Bulanan Polcen ILUNI UI, merupakan salah satu bentuk kepedulian ILUNI UI atas permasalahan yang ada di masyarakat menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 sekaligus sebagai upaya memberikan solusinya.

BERITA TERKAIT

“ILUNI UI sebagai bagian dari masyarakat akan selalu hadir dan memperhatikan segala hal yang menjadi kepedulian dan perhatian masyarakat. ILUNI UI selalu berusaha memberikan jalan keluar atau solusi atas segala persoalan yang ada di masyarakat untuk menjadikan kehidupan berbangsa dan bernegara lebih baik lagi. Salah satu perhatian dan kepedulian ILUNI UI Saat ini adalah kelancaran dan terselenggaranya Pemilu yang jujur adil, aman dan damai,” papar Arief Budhy Hardono.

Berkaitan dengan munculnya kekhawatiran dari masyarakat akan terjadi kecurangan jika kotak suara terbuat dari karton, Arief Budhy Hardono mengharapkan agar KPU Segera meningkatkan jaminan keamanan bagi kotak suara dari bahan karton sekaligus mendorong KPU untuk lebih gencar melakukan sosialisasi mengenai kekuatan dan pengamanan kotak suara tersebut.

Bukan Karton Pertama

Di tempat yang sama, mantan Ketua KPU DKI Jakarta Soemarsono, menyampaikan, penggunaan kota suara dari bahan karton dalam Pemilu tahun 2019 mendatang, bukan yang pertama kali. Tahun 2014 yang lalu juga menggunakan bahan yang sama untuk kotak suara.

“ Penggunaan kotak suara dari bahan karton ini bukan kali yang pertama, melainkan telah dipergunakan pada Pemilu 2014 dan Pilkada Serentak 2015, 2017 dan 2018 sebagai pengganti kotak alumunium yang rusak. Kotak suara yang akan dipergunakan nanti tidak berupa kardus yang biasa, tetapi kotak dari bahan karton khusus yang telah diuji ketahanannya," papar Anggota KPUD DKI Sumarno.

Sumarno maupun politisi Gerindra Ahmad Riza Patria Komisi 2 DPR sependapat dengan Ketua ILUNI UI Arief Budhy Hardono, KPU harus segera memberikan penjelasan yang lebih detail dan komprehensif terhadap permasalahan dan pengamanan Kotak suara dari kardus.

Hal ini agar kepercayaan masyarakat pemilih dapat terus menguat sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan lancar aman dan damai.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas