Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Para Pendiri Klaim PAN Bukan Partai Agama

Albert Hasibuan mengatakan adalah hak DPP PAN jika menilai isi surat terbuka tersebut tidak tepat.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Para Pendiri Klaim PAN Bukan Partai Agama
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais bersama sejumlah tokoh mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (29/10/2018). Amien Rais mendatangi KPK untuk meminta KPK tak tebang pilih dalam menindak dan menuntaskan sejumlah perkara. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lima orang yang menyatakan diri sebagai pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) melayangkan surat terbuka kepada Amien Rais karena sering melontarkan pernyataan yang keluar dari prinsip partai. Salah satu pendiri PAN, Albert Hasibuan menilai bahwa Amien telah menjadikan agama sebagai alat politik. Sementera menurut Albert PAN bukan merupakan partai agama.

"Saya tetap menganggap bahwa PAN bukan partai agama, dalam anggaran dasar kita juga PAN bukan partai agama dan bukan partai ekslusif ya," ujar Albert di Kawasan Permata Hijau, Jakarta, Rabu! (26/12/2018).




Karena itu, lanjut Albert, pihaknya melayangkan surat terbuka meminta Amien mundur dari Partai. Ia berharap Amien bijak dalam menyikapi surat tersebut.

"Kita serahkan kepada pikiran rasional," katanya.

Albert Hasibuan mengatakan adalah hak DPP PAN jika menilai isi surat terbuka tersebut tidak tepat. Pihaknya menurut Albert hanya memberitahu bahwa ada prinsip-prinsip yang menjadi pondasi partai. Prinsip tersebut menurutnya tidak boleh melenceng.

Baca: Tim Relawan dan BKSDA Evakuasi Penyu yang Terdampak Tsunami Selat Sunda

"Karena itu bahwa kemudian ada reaksi dari pimpinan PAN ini, untuk berbeda dengan kita itu wewenangnya. Tapi kita harapkan apa yang kita kemukakan dalam statment itu bisa membantu," sebutnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, ‎sejumlah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) melayangkan surat terbuka kepada Amien Rais. Mereka diantaranya Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, Zumrotin.

Mereka juga rencannya akan menggelar konferensi pers namun batal di lakukan. Isi surat terbuka tertanggal 26 Desember 2018 itu menilai bahwa Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sering melakukan manuver yang tidak sejalan dengan prinsip prinsip partai. Mereka juga meminta Amien mundur atau tidak aktif lagi di pengurusan PAN.

Beini isi surat terbuka tersebut: 

Saudara Amien Rais yang kami hormati,

Setelah memerhatikan perkembangan kehidupan politik di negeri kita Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini, khususnya kiprah Saudara sendirian ataupun bersama Partai Amanat Nasional (PAN), kami sebagai bagian dari penggagas dan pendiri PAN merasa bertanggung jawab dan berkewajiban membuat pernyataan bersama dibawah ini demi mengingatkan akan komitmen bersama kita pada saat awal pendirian partai sebagai berikut :

1. PAN adalah partai reformasi yang menjunjung tiggi kebebasan berpendapat dan menegakkan demokrasi setelah 32 tahun dibawah kekuasaan absolut orde baru yang korup dan otoriter.

2. PAN adalah partai yang berazaskan Pancasila dengan landasan nilai-nilai moral kemanusiaan dan agama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas