Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tuding Amien Rais Dukung Kekuatan Orde Baru, Lima Tokoh Ini Mendesaknya Mundur dari PAN

Pernyataan permintaan Amien Rais mundur tersebut mereka sampaikan dalam bentuk surat terbuka yang dibagikan Rabu (26/12/2018).

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tuding Amien Rais Dukung Kekuatan Orde Baru, Lima Tokoh Ini Mendesaknya Mundur dari PAN
Kompas.com
Goenawan Mohamad 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lima orang yang menyatakan diri sebagai pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengundurkan diri.

Kelima orang tersebut adalah Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin.

Mereka menyebut Amien Rais memperkeruh suasana negara dan menuding Amien Rais ikut menyebar berita tentang kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pernyataan permintaan Amien Rais mundur tersebut mereka sampaikan dalam bentuk surat terbuka yang dibagikan Rabu (26/12/2018).

"Saudara sebagai ilmuwan politik telah gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dalam menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan PKI di negeri kita," begitu isi surat terbuka tersebut.

Baca: Para Pendiri Klaim PAN Bukan Partai Agama

Goenawan Muhammad cs menyebut Amien Rais selama ini mendukung kembalinya era Orde Baru (Orba). Alasannya, pada Pilpres 2019, mantan Ketum PP Muhammadiyah itu masuk dalam jajaran Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

BERITA TERKAIT

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu sering disebut ingin mengembalikan era Orde Baru di Indonesia.

"Saudara sebagai tokoh reformasi yang ikut berperan dalam mengakhiri kekuasaan orde baru telah bersimpati, mendukung, dan bergabung dengan politisi yang beraspirasi mengembalikan kekuatan orde baru ke kancah politik Indonesia," begitu isi surat terbuka tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas